Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Pemkab Basel Targetkan 2.000 Ton Produksi Ikan Air Tawar

0 30

TOBOALI- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan capaian produksi ikan air tawar di wilayah itu sebanyak 2.000 ton per tahun.

Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bangka Selatan Risvandika mengatakan, dari Januari-September 2024 terhitung jumlah produksi ikan air tawar mencapai 1.500 ton. Jumlah ini didapatkan dari penghasilan produksi budidaya secara kelompok maupun perorangan.

” Untuk target produksi ikan air tawar pada tahun ini, tidak jauh berbeda dengan yang ditargetkan pada tahun lalu, semoga produksi kami tahun ini bisa mencapai target tersebut,” kata Risvandika, Senin (28/10/2024).

Sedangkan untuk peningkatan hasil produksi budidaya ikan air tawar, kata Risvandika tergantung dari pada kondisi cuaca dan kondisi musim yang melanda daerah tersebut.

” Cuaca yang terlalu panas dapat memengaruhi hasil produksi, kondisi tersebut membuat ikan akan kekurangan oksigen sehingga ikan bisa stres dan mati serta berdampak pada penurunan hasil produksi,” ucapnya.

Sebaliknya jika iklim dan kondisi cuaca cukup mendukung, biasanya ikan dapat berkembang dengan baik dan kondisi ini akan berdampak terhadap peningkatan hasil produksi.

Risvandika menjelaskan, rata-rata setiap kecamatan ada kelompok pembudidaya ikan air tawar, namun yang paling dominan itu di Kecamatan Tukak Sadai, Kecamatan Toboali, Kecamatan Payung, dan Kecamatan Pulau Besar.

Akan tetapi, masih ada beberapa yang belum tertarik untuk menggeluti usaha budidaya ikan air tawar. Bisnis ini bisa menguntungkan bagi petani terutama dapat memenuhi kebutuhan dan menambah penghasilan mereka.

” Untuk konsumsi ikan air tawar terbilang dibawah standar konsumsi ikan air laut, sehingga masyarakat melakukan budidaya menyesuaikan dengan kondisi daya beli. Begitu juga dengan pemasaran, pemasaran atau penjualan ikan air tawar hanya bergerak di sekitar wilayah Bangka Belitung saja,” tuturnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.