Lugas dan Berimbang

PD Muhammadiyah Belitung Sampaikan Sikap Terkait Pelaksanaan Pemilu

0 106

 

Satuarahnews.com -PD Muhammadiyah Kabupaten Belitung Sampaikan pernyataan sikap, terkait pelaksaan pemilu di daerah itu.

Ketua PD Muhammadiyah Bangka Belitung, H. M.Turfan Amir mengatakan sesuai dengan pernyataan resmi yang dikeluarkan pimpinan Muhammadiyah pusat ada lima poin yang menjadi sikap organiasi tersebut terkait pemilu .

Adapun lima poin yang disampaikan meliputi yang pertama mengapresiasi masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung jawab dan tertib di masing-masing TPS.

kedua, mengapresiasi KPU dan semua penyelenggara pemilu mulai dari tingkat pusat sampai Tingkat TPS hingga aparat keamanan dan semua pihak yang mendukung pelaksanaan pemilu sehingga berlangsung aman, lancar dan tertib mulai dari proses pemungutan suara hingga perhitungan suara.

poin ketiga. menghimbau semua pihak termasuk partai politik para anggota legislatif, calon presiden dan wakil presiden dan para pendukung agar bersabar menanti hasil akhir pemilu yang disampaikan secara resmi oleh KPU.

“Kami harap semua pihak hendaknya tidak terburu-buru mengambil kesimpulan hasil pemilu berdasarkan Quick count di lembaga-lembaga survei,” kata dia.

Untuk poin keempat semua pihak hendaknya menjaga situasi agar tetap kondusif dan dengan tetap menjaga sikap saling menghormati dan tengang rasa.

” Kami harap capres dan wakil presiden yang menang , para pendukung untuk tidak jumawa, angkuh dan eforia yang berlebihan, sedangkan bagi yang kalah kami harap seharusnya berjiwa besar dan berlogowo menerima hasil pemil,” kata dia.

Selain itu untuk poin ke lima, dirinya mengatakan apabila ada pihak yang berkeberatan dari hasil pemilu hendaknya menyesuaikan melalui jalur mahkamah konstitusi dan tidak memempuh jalan mengerakkan massa yang berpotensi menimbulkan konflik dan kekerasan pada pemilu serentak.(Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.