Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

KPU Bangka Selatan Selesaikan Vermin Perbaikan Data Bacaleg

0 121

 

SatuArahNews, TOBOALI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan telah menyelesaikan verifikasi administrasi perbaikan data kebenaran dan kegandaan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari 16 partai politik, Selasa (1/08/2023).

” Kami telah rampung menyelesaikan verifikasi administrasi perbaikan kebenaran dan kegandaan bakal calon Legislatif dan rencananya besok,kami mulai melakukan penyusunan hasil akhir verifikasi administrasi dokumen persyaratan,” kata KPU Basel, Muhidin.

Selama proses verifikasi administrasi yang berlangsung pada tanggal 10 hingga 31 Juli kemarin, KPU menyampaikan total bacaleg di Basel sekitar 452 orang, yang memenuhi syarat 313 orang dan 139 bacaleg yang tidak memenuhi syarat.

” Secara umum jumlah bacaleg yang tidak memenuhi syarat kebanyakan di dominasi berkas-berkas dokumen, kekurangan dokumen dan ada dokumen yang masih kami ragukan sah atau tidaknya dokumen dalam penyampaian persyaratan,” ucapnya.

Kemudian, pihaknya juga menemukan
data ganda bacaleg antar parpol dalam satu dapil maupun beda dapil. Oleh karena itu pihaknya meminta klarifikasi kegandaan ini untuk mendapatkan suara pernyataan dari yang bersangkutan.

” Kami meminta kejelasan dari yang bersangkutan partai mana yang dia pilih, apabila mereka tidak melakukan atau tidak menyerahkan surat pernyataan mereka,data mereka menjadi tidak memenuhi syarat,” lanjutnya.

Rencananya pada tanggal 04/06 Agustus 2023, KPU akan melakukan penyusunan terhadap dokumen persyaratan bakal calon ini terhadap calon-calon yang tidak memenuhi syarat serta menyampaikan tema maupun MS selanjutnya akan disampaikan kepada partai politik. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.