Lugas dan Berimbang

Gule Kabung Cara Pj Suganda Ajak Semua Lini Tuntaskan Masalah Stunting

0 149

 

Lubuk Pabrik-Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Membangun Bangka Belitung biasa disingkat Gula Kabung kembali di selenggarakan. Kali ini Penjabat Gubernur Suganda gelar Gule Kabung di Kabupaten Bangka Tengah. Adapun tujuan rangkaian kegiatan Gule Kabung salah satunya bertujuan untuk mengentaskan kasus stunting di Kepulauan Bangka Belitung dengan mengintervensi lokus stunting di Desa Lubuk Pabrik Kamis 27/7/2023.

Pj Gubernur Suganda dengan didampingi Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bupati Bangka Tengah bersama Ketua TP PKKnya, Kepala BKKBN Prov. Kep. Babel, Kadinkes Prov. Kep Babel serta forkopimda baik dari Provinsi maupun Kab Bangka Tengah bersama sama melihat langsung kondisi anak anak yang menderita stunting dan bertemu dengan orangtuanya.

Tampak Pj Gubernur Suganda kemudian langsung menyapa serta berkomunikasi dengan orangtua menanyakan berbagai hal mulai dari usia hingga mengidentifikasi kondisi anak-anak tersebut.

“Usia berapa? Berapa BB dan TB saat lahir,” tanyanya kepada salah satu Ibu yang sedang menggendong anak perempuan.

“Empat bulan Pak. BB 2,6 kg dengan TB 47 cm,” tutur Ibu yang diketahui bernama Eva.

Satu persatu orangtua tersebut disapa Suganda sembari memotivasi mereka untuk terus berupaya berjuang agar anak-anak ini nantinya dapat bebas dari stunting.

Kepada Bupati Bangka Tengah Algafri, dirinya meminta agar bersama berkolaborasi memaksimalkan penggunaan anggaran secara tepat guna untuk mengintervensi stunting sesuai dengan arahan Presiden Joko

Algafri menyambut baik dan menyatakan dirinya sepakat. Ia pun menuturkan selain maksimalisasi aggaran dirinya juga terus berkolaborasi dengan stake holder dan masyarakat sehingga telah membuahkan hasil.

“Prevalensi angka stunting di Kabupaten Bangka Tengah dari tahun 2021 hingga tahun 2023 terus menurun,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut Pj. PGubernur Suganda berkesempatan menyerahkan bantuan yang diakomodasi oleh BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga dari Dinas Kesehatan Pemprov. Kep.Babel.

Penulis : Imelda
Foto /Video : Dina/Fajar
Editor: Irnawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.