Lugas dan Berimbang

Maya Suganda Tekankan Pentingnya Peran TP PKK Dalam Tingkatkan Cakupan Posyandu Aktif dan Kualitas Pelayanan di Kep. Babel

0 147

 

PANGKALPINANG-Tidak dipungkiri peran aktif Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam mendukung program kegiatan posyandu dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat. Terlebih setelah adanya era transformasi kesehatan, posyandu kini diharapkan mampu memberikan pelayanan seluruh siklus hidup, melakukan pemantauan wilayah setempat, serta menjadwalkan kunjungan rumah.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maya Suganda Pasaribu saat menjadi Narasumber pada Workshop Pengelolaan Posyandu yang diselenggarakan di Sun Hotel pada 26/7/2023. Kegiatan yang diikuti oleh 50 peserta perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang ada di 7 kabupaten/kota.

“TP PKK selaku mitra kerja pemerintah organisasi/lembaga kemasyarakatan lainnya berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang salah satunya dalam mendukung kegiatan Posyandu. Terlebih saat ini keberadaan Posyandu diera transformasi kesehatan kader-kader posyandu dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui komitmen bersama dengan Perangkat Daerah dikatakan Maya Suganda telah membentuk Pokjanal Posyandu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengkoordinasikan berbagai upaya pembinaan peningkatan fungsi dan kinerja posyandu untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak serta pencegahan stunting.

“TP PKK dapat membantu dalam mengadakan pelatihan kader posyandu dalam memberikan 25 keterampilan dasar dalam bidang kesehatan juga membantu memberikan penyuluhan kesehatan dan gizi kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan di tingkat RT maupun RW juga memberikan informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan gizi dalam keluarga,” tuturnya.

Adapun jumlah posyandu di Kep Bangka Belitung tahun 2022 berjumlah 1120 posyandu dan yang aktif hanya 1047. Sementara jumlah kader hanya 5034.

Pelaksanaan 10 Program pokok PKK diungkapkan Maya dapat diimplementasikan dalam mendukung kegiatan-kegiatan Posyandu.

“Tentunya diperlukan sinergitas dan kesepahaman yang harus terbangun antara Kader PKK, Posyandu juga kegiatan yang kita lakukan selaras dengan kegiatan pusat namun tetap disesuaikan dengan kondisi daerah kita. Karena, kondisi tiap daerah pasti tidak sama,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Ketua TP PKK juga meminta agar ada kesamaan data, mengingat beberapakali pengalamannya terkait data, data tersebut berbeda misalnya saja data stunting di Dinas Kesehatan, TP PKK dan Posyandu ada perbedaan. Dan dengan adanya sinergitas tersebut diharapkannya kendala tersebut dapat diselesaikan.

“Padahal kesamaan data ini penting agar penyusunan dan pelaksanaan program dapat maksimal. Nah, ini nanti saya mohon untuk di samakan terlebih dahulu,” ujarnya.

Untuk lebih mengetahui kondisi posyandu di daerah, pada kegiatan Maya Suganda juga membuka ruang diskusi untuk dapat direncanakan dan dilakukan tindak lanjutnya.

Penulis : Imelda
Foto : Saktio
Editor : Irnawati

Leave A Reply

Your email address will not be published.