Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

PPDB 2023 Dimulai, Disdik Basel Tampung 3.072 Siswa Jenjang SMP

0 317

SatuArahNews, TOBOALI- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan mulai membuka pendaftaran Penerimaan calon Peserta Didik Baru (PPDB) bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

” Kami telah membuka pendaftaran PPDB untuk jenjang SMP, yang terdiri dari jalur mutasi, afirmasi, prestasi dan zonasi,” kata Elfan Rulyadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Basel, Senin (03/07/2023).

Pihaknya membuka pendaftaran PPDB menggunakan sistem online atau http://ppdbsmp.bangkaselatan.go.id. Adapun untuk jalur afirmasi, prestasi dan mutasi mulai dibuka pada tanggal 03/04 Juli, sedangkan jalur zonasi dibuka pada tanggal 05/06 Juli 2023.

Elfan menyebutkan, selama proses pendaftaran PPDB berlangsung, para wali murid harus menguplod berkas pendaftaran untuk satu sekolah yang akan dituju. Apabila tidak diterima di sekolah tersebut, maka wali murid bisa memindahkan pendaftaraanya dengan cara mencabut berkas pada satuan pendidikan yang telah dipilih sebelumnya.

” Jika tidak keterima di sekolah yang dituju, orangtua bisa mencabut berkas dan mendaftarkan anaknya pada satuan pendidikan lainnya baik itu didalam maupun luar zonasi,” lanjut Elfan.

Lebih lanjut, Elfan merinci, jumlah kouta jalur zonasi sekitar tujuh puluh persen, jalur afirmasi lima belas persen, jalur mutasi lima persen dan jalur prestasi sepuluh persen dari daya tampung.

” Apabila dari ketiga jalur tersebut tidak tercapai atau masih ada sisa, maka dari kouta yang tersisa itu akan dialihkan ke jalur zonasi,” ucapnya.

Disisi lain, untuk kouta penerimaan peserta didik baru tahun ini yang telah ditetapkan sekitar 3.072 siswa. Kouta tersebut dihitung berdasarkan standar pelayanan minimal (SPM) disetiap sekolah. Sementara SPM untuk SMP ada tiga puluh dua siswa per rombelnya, selain itu rombel yang disediakan sebanyak 96 untuk 30 SMP negeri. ( Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.