Lugas dan Berimbang

Pj Gubernur Terima Keluhan Kades se-Kecamatan Kelapa, Juga Bahas Stunting

0 83

 

PANGKALPINANG – Kepala desa se-Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat yang berjumlah 13 desa melakukan silaturahmi dengan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, di Rumah Dinas Gubernur Kep. Babel, Selasa (20/6/2023).

Tujuan silaturahmi ini, selain untuk berkenalan secara langsung dengan orang nomor satu di Negeri Serumpun Sebalai, sekaligus menyampaikan berbagai masalah yang ada di desa masing-masing agar masalah tersebut dapat dituntaskan.

Para kades yakin permasalahan yang mereka hadapi dapat diselesaikan oleh Pj Gubernur Suganda sebagai kepala daerah di Provinsi Kep. Babel. Adapun masalah yang disampaikan diantaranya mengatasi stunting, masalah tambang ilegal, izin tambang, tradisi dan budaya, permintaan bus sekolah, serta berbagai permasalahan lainnya.

Kepala Desa Tungang Maryanto mengharapkan Pj Gubernur agar tidak memperpanjang izin tambang di daerah tersebut, karena dinilai tidak memberikan manfaat untuk desanya.

“Saya ingin sampaikan kepada Pj Gubernur, bahwa di desa kami ada izin usaha tambang oleh salah satu PT, namun sejak lama tidak beroperasi lagi. Untuk itu, kita berharap supaya izinnya tidak diperpanjang karena tidak bermanfaat bagi desa kami,” ujarnya.

Sementara itu, Kades Terentang Yusuf mengatakan, kehadiran dirinya untuk bertemu Pj Gubernur Suganda, juga menyampaikan undangan acara tradisi masyarakat di desanya yaitu “Sedekah Kampung” yang akan berlangsung 5 Juli 2023.

“Acara ini rutin Pak, setiap tahun dilaksanakan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka khataman massal,” ujar Yusuf.

Menanggapi permasalahan para kades se-Kecamatan Kelapa ini, Pj Gubernur Suganda langsung memberikan solusi dalam diskusi singkat itu, sehingga nantinya langkah yang diambil merupakan jalan terbaik.

“Beberapa persoalan-persoalan kita diskusikan, kendala-kendala yang ada di desa. Selain itu, kita bahas masalah potensi desa yang bisa dimanfaatkan, ada apa yang bisa dibantu oleh pemerintah provinsi untuk desa,” ujar Pj Gubernur.

Pada kesempatan ini pula, Pj Gubernur Suganda mengajak para Kades se-Kecamatan Kelapa agar bisa menyelesaikan masalah stunting di desa masing-masing.

“Stunting itu di mana anak-anak kita kekurangan nutrisi,bisa jadi faktor ekonomi, bisa jadi faktor pola asuh yang salah dari orang tua,” ujar Pj Suganda.

Penulis: Hasan.A.M
Foto: Jo Fandi
Editor: Rangga

Leave A Reply

Your email address will not be published.