Lugas dan Berimbang

Bunda PAUD Maya: Jadikan PAUD Sebagai Transisi yang Menyenangkan

0 77

 

BELINYU – Membawa pesan khusus langsung dari Menteri Pendidikan RI, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Maya Suganda Pasaribu, meminta para insan pendidik PAUD agar menjadikan PAUD sebagai transisi yang menyenangkan bagi anak-anak, sebelum berlanjut ke jenjang sekolah berikutnya.

Hal ini disampaikannya pada acara Pelepasan Peserta Didik PAUD se-Kecamatan Belinyu, di Halaman Rumah Dinas Camat Belinyu, Selasa (20/6/23).

“Saat saya ikut Rakor di Jakarta beberapa hari yang lalu, Menteri Nadiem Makarim berpesan agar menjadikan masa transisi PAUD ke Sekolah Dasar (SD) dapat menyenangkan bagi anak-anak, karena dapat berdampak baik bagi anak. Agar anak-anak kita bersemangat ke sekolah tanpa adanya rasa keterpaksaan,” kata Bunda Maya.

Bunda Maya juga mengatakan bahwa tidak apa-apa jika ada pengajaran membaca, menulis, ataupun berhitung. Tetapi, alangkah baiknya, bila pengajaran tersebut dilakukan dengan cara yang seru dan tidak terlalu memaksakan anak. Karena, fokus PAUD saat ini ialah menerapkan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, dengan fokus pada seluruh kompetensi pondasi anak.

“Sesuai dengan kurikulum merdeka, kita memang diminta untuk mengapresiasi minat dan bakatnya anak-anak. Seperti tadi, anak-anak sudah hebat menari, menyanyi, juga menghafal,” katanya.

Saat ini, terhitung ada sebanyak 332 siswa/siswi yang berasal dari 17 PAUD se-Kecamatan Belinyu. Sehingga dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Bangka Syahbudin tidak lupa menyampaikan harapannya.

“Semoga dengan pengetahuan yang diberikan oleh guru-guru mereka di PAUD, dapat menjadi modal untuk anak-anak kita ini ke depannya. Karena segala sesuatunya harus kita persiapkan untuk anak-anak kita dalam menghadapi perkembangan zaman,” ujar Syahbudin.

Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka, Camat Belinyu, Ketua 1 TP PKK Bangka, Ketua Pokja PAUD, Bunda PAUD Kecamatan Belinyu, dan Bunda PAUD Kelurahan/Desa se-Kecamatan Belinyu.

Penulis: Intan Pitaloka
foto: Iyas Zi
Editor: Dini

Leave A Reply

Your email address will not be published.