Lugas dan Berimbang

Sekda Naziarto: Paskibraka Harus Menjadi Pionir yang Berkarakter Pancasila

0 93

 

PANGKALAN BARU – Luasnya Negara Republik Indonesia (NKRI) dan beragamnya suku, ras, dan agama, tentu membuat tingkat pluralisme pun harus tinggi. Untuk itu, agar tetap menjaga patriotisme setiap individu, terutama generasi muda, perlu diberikan pembekalan yang cukup terkait nilai-nilai Pancasila.

Untuk itu, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia mengadakan “Pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Paskibraka Tahun 2022 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung dan DKI Jakarta”, yang dilaksanakan secara daring dan luring di Novotel Bangka Hotel and Convention Centre, Kamis (4/5/23).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) mengungkapkan bahwa pemerintah menginginkan para generasi muda dapat menjadi pionir dan sebagai motor penggerak yang memiliki karakter Pancasila.

“Kami menginginkan adek-adek paskibraka ini dapat menjadi pionir dan motor penggerak dalam beretika dan berbangsa juga negara. Serta menjadi contoh generasi yang memiliki karakter Pancasila,” kata Sekda Naziarto.

Naziarto juga menambahkan bahwa program Paskibraka ini merupakan salah satu cara kaderisasi calon pemimpin yang berkarakter Pancasila. Untuk itu, menurutnya paskibraka harus memiliki potensi, jati diri, dan harga diri untuk mempertahankan NKRI.

“Saya berharap adek-adek semua dapat menjadi pemimpin yang berkarakter Pancasila, serta dapat menularkan jiwa patriotisme kepada teman-teman, keluarga, bahkan senior,” katanya.

Turut hadir Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kep. Babel, Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kep. Babel.

Maka dari itu, Ia meminta agar para peserta pembekalan kali ini untuk mengikuti kegiatan dengan semangat dan serius. Hal ini dikarenakan, materi yang diberikan oleh para narasumber yang mumpuni, dapat menjadi bekal bagi paskibraka.

“Jadi, ikuti kegiatan ini dengan semangat, perhatikan sampai selesai. Karena ini bisa menjadi bekal untuk adek-adek sekalian, yang akan menjadi pemimpin. Di mana tentunya nanti diharapkan dapat meredam permasalahan-permasalahan pergesekan antar SARA,” katanya.

Penulis: Intan Pitaloka
Foto: Lisia Ayu
Editor: Imelda

Leave A Reply

Your email address will not be published.