Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Dinas Pertanian Basel Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Perluasan Budi Daya Ubi Kayu

0 492

 

Toboali- Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi, akan melakukan program perluasan tanam budi daya ubi kayu di lima Kecamatan yang ada di wilayah Bangka Selatan. Senin (8/11/2021).

Menurut Suhadi, produksi ubi kayu ini menjadi suatu alternatif budidaya dalam peningkatan pangan bagi ekonomi masyarakat Bangka Selatan, di tengah virus pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, saat ini kita sudah memiliki pabrik untuk menampung produksi ubi kayu dan produksi kita pada tahun 2021 ini sudah mencapai 2.042 ton, dari 8 kecamatan tersebut sudah ada ubi kayunya,” kata Suhadi.

Suhadi menyebutkan, daerah yang memiliki nilai ekonomis yang sudah masuk ke perusahaan ada dua lokasi yakni Toboali dan Lepar Pongok, sedangkan selain dari dua lokasi tersebut hanya masuk sebagai konsumsi dan akan ada pembinaan dari pabrik.

Untuk itu, pihaknya bersama Pemerintah Bangka Selatan, akan terus melakukan program perluasan tanam ubi kayu dengan memberikan fasilitas berupa benih, bibit dan pupuk.

“Program pemerintah dalam meningkatkan luas tanam ubi kayu yakni dengan memberikan fasilitas berupa benih, pupuk, serta bibit dan akan kita bagi dalam bentuk barang, sedangkan luasan alokasi kita di Basel sekitar 125 Hektar, yang terdiri dari di lima lecamatan ,” ujarnya ( Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.