Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

2.887 Pelajar SMP di Basel Siap Ikuti UNBK

0 419

Foto : Istimewa/net

 

SATUARAHNEWS.COM, BANGKA SELATAN—Sebanyak 2.887 Pelajar kelas 9 SMP/MTs yang tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 22 hingga 25 April 2019.

“Jumlah sekolahnya ada 38 SMP, yang menyelanggarakan mandiri ada 23 sekolah, sedangkan 15 sekolah lainnya masih menumpang. Kurikulum yang diterapkan yakni 27 sekolah menerapkan kurikulum 2006 dan 11 sekolah menerapkan Kurikulum 2013”, ungkap Kabid PSMP Dindikbud Basel Ardiyansah, S.Pd. Minggu (21/4/19).

Ia mengatakan, seluruh peserta sudah terdata dan dipastikan UNBK siap di laksanakan di Basel.

“Untuk peserta dan terbanyak di Kecamatan Toboali yakni 1.112 calon peserta. Alhamdulillah semuanya sudah siap,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dindikbud Basel Ramdani, SE saat dihubungi wartawan Minggu (21/4/19) mengatakan, tujuan dari pelaksanaan UNBK tersebut adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu.

“Meskipun UNBK ini bukan penentu kelulusan namun tujuannya adalah untuk mengukur pencapaian Kompetensi lulusan pada mata Pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan (SKL),” kata Ramdani.

Ia berharap, pelaksanaan UNBK tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala Listrik, Signal maupun permasalahan teknis lainnya dan berharap agar peserta dapat meraih nilai maksimal dengan peran serta orang tua siswa dalam membimbing anak-anaknya saat berada diluar lingkungan sekolah.

“Kedepan kami akan usulkan kekurangan peralatan Komputer untuk sekolah yang masih menumpang melaksanakan UNBK ini, agar pada tahun berikutnya seluruh sekolah di Basel siap melaksanakan UNBK secara mandiri, sehingga nantinya ketika ada kebijakan dari pemerintah pusat terkait kelulusan siswa ditentukan oleh UNBK, seluruh sekolah kita sudah siap,” Tutupnya.

Adapun jadwal mata pelajaran yang diujiankan lanjut Ardiyan antara lain, Bahasa Indonesia pada hari senin (22/4/19), Matematika hari Selasa (23/4/19), Bahasa Inggris hari Rabu (24/4/19), dan IPA hari Kamis (25/4/19). (ESR/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.