Lugas dan Berimbang

2.000 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Amankan Debat Pilpres 2019

0 538

SATUARAHNEWS.COM, JAKARTA-  Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo- Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno akan menjalani debat capres-cawapres Pilpres 2019 pada 17 Januari 2019. Debat capres-cawapres akan dilakukan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menerjunkan 2.000 personel gabungan TNI-Polri dalam mengamankan jalannya debat capres-cawapres Pilres 2019.

“Hampir 2.000 personel gabungan TNI-Polri untuk amankan debat itu, mulai dari jalur yang akan dilalui ke lokasi pastinya padat, lalin dan sabhara kita siapkan,” katanya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).

Dia mengungkapkan, pagi tadi Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat memimpin Focus Group Discussion (FGD) atau gladi bersih dalam melakukan pengamanan debat capres-cawapres.

“Dari lalu lintas belum ada penutupan, tapi lihat dari perkembangan di lapangan, putusan di Dirlatas ada di lapangan,” tuturnya.

Argo menjelaskan, dalam melakukan pengaman nanti personel gabungan TNI-Polri akan disebar di empat ring, mulai dari dalam lokasi debat hingga luar lokasi debat capres-cawapres.

“Di lokasi ada 4 ring, pertama ruangan debat kalau nanti yang datang pak presiden, ring pertama yang amankan paspampres, di luar gedung tapi di gedung. Ring dua nanti polisi jaga disana dengan TNI, ring 3 di luar gedungnya, ada parkiran atau basement, ring 4 di luar lokasi debat, seperti di jalan, ada Lantas dan Sabhara nanti,” jelasnya.

Untuk itu, dia mengimbau, untuk para pendukung masing-masing calon yang hadir agar bisa menjaga ketertiban baik di dalam ruangan debat maupun di luar ruangan debat.

“Karena Jakarta ibukota negara, tentunya negara asing akan lihat gimana dekorasi di Indonesia. Jadi kita harap teman-teman paslon untuk bisa jaga diri dan ketertiban. Jangan lajukan atau bawa barang yang dilarang UU, merusakan fasilitas umum itu juga enggak boleh, lalu bawa sajam,” pungkasnya.

Berikut nama-nama calon panelis debat yang disepakati yaitu, Prof Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Prof Bagir Manan (Mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara) dan Agus Rahardjo (Ketua Komisi Pemilihan Umum).

Berikut rincian debat capres dan cawapres yang sudah disepakati:

Debat I
Waktu: 17 Januari 2019
Lokasi: Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan
Tema: Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme
Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

Debat II
Waktu: 17 Februari 2019
Lokasi: Hotel Fairmont, Senayan
Tema: Energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup
Peserta: Calon presiden

Debat III
Waktu: 17 Maret 2019
Lokasi: Hotel Sultan, Senayan
Tema: Pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya
Peserta: Calon wakil presiden

Debat IV
Waktu: 30 Maret 2019
Lokasi: Balai Sudirman, Tebet
Tema: Ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional
Peserta: Calon presiden

Debat V
Waktu: Belum ditentukan
Lokasi: Hotel Bidakara, Pancoran
Tema: Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.
Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Sumber : www.merdeka.com

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.