Lugas dan Berimbang

Opini: Etika Profesi Guru sebagai Petunjuk Arah Keberhasilan Guru dalam Mengajar

0 96

Oleh : Monica Adestira dan Nadya Barokah Mahasiswi PGSD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Babel

Profesi guru adalah profesi yang sangat mulia. Guru bukan hanya membagikan ilmu pegetahuan saja, namun guru juga mendidik tingkah laku siswa agar menjadi siswa yang berkarakter atau berakhlak terpuji. Guru adalah seseorang yang diguguh dan ditiru. Penilaian guru bukan hanya di sekolah melainkan diluar sekolah juga. Oleh karena itu, etika profesi guru sangat penting diterapkan oleh guru. Adanya mata kuliah etika profesi guru sangat membantu dan menyadarkan calon guru bahwa etika guru menjadi kebutuhan penting guru dalam mengajar.

Seorang guru harus memahami definisi dari etika profesi guru. Etika profesi guru adalah prinsip-prinsip moral dan perilaku yang harus dipegang oleh setiap pendidik. Etika membantu kita dalam mengambil keputusan yang tepat, menghadapi dilema moral, dan menjaga integritas sebagai seorang guru. Dapat disimpulkan bahwa etika profesi guru adalah pedoman seorang guru dalam bertindak. Siswa akan melihat dan mencontoh perilaku gurunya, oleh karena itu agar dapat menciptakan siswa yang berakhlak terpuji maka seorang guru harus membiasakan perilaku terpuji di sekolah maupun di luar sekolah.

Guru yang sudah memahami etika profesi guru akan dapat bertanggung jaawab dengan keberhasilan mengajar di kelas. Kurikulum di Indonesia selalu mengutamakan pendidikan karakter siswa. Kita tahu bahwa kurikulum di Indonesia saat ini adalah kurikulum merdeka yang mengutamakan siswa  agar berprilaku sesuai dengan pancasila yang disebut profil pelajar pancasila. Kurikulum ini mengutamakan kemandirian dan kreaivitas siswa.

Guru berperan sebagai fasilitator yang mengembangkan sikap-sikap yang menggambarkan profil pelajar pancasila. Salah satu isi kode etik guru yang menyatakann bahwa guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar mengajar. Untuk menciptakan suasana kelas yang baik tentunya guru harus menjadi guru yang profesional dan berlaku adil kepada semua siswa.

Guru profesional dalam memilih pendekatan, model, metode, maupun media pembelajaran yang cocok untuk karakter siswa di kelas, tidak semata-mata untuk kemudahan guru saja. Sehingga guru tetap harus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru dalam menciptakan kelas yang baik. Kelas yang baik dapat memudahkan siswa memahami  pelajaran dengan baik pula.

Dalam menerapkan pendekatan, model, metode, maupun media di kelas guru harus menerapkan karakter-karakter yang mencerminkan siswa yang berkarakter profil pelajar pancasila. Keberhasilan guru dalam mengajar bukan hanya dilihat dari hasil belajar siswa yang tinggi saja melainkan harus diimbangi dengan siswa yang berkarakter dan berakhlak mulia yang ditiru dari guru. Perilaku guru harus sesuai dengan pedoman etika profesi guru karena etika profesi guru yang  menjadi petunjuk arah keberhasilan guru dalam mengajar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.