Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Petugas Kebersihan Bersihkan TPA Liar di Gang Kapuk, Angkut 12 Ton Sampah Rumah Tangga

0 189

TOBOALI-Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Lingkungan Hidup Basel melakukan pembersihan tumpukan sampah rumah tangga yang berserakan di seputaran Gang Kapuk Kecamatan Toboali.

Dinas Lingkungan Hidup Basel mengerahkan sebanyak 30 petugas kebersihan bersama 3 truk sampah, 2 mobil satgas sampah dan 1 unit alat berat untuk merampungkan sampah rumah tangga yang telah meluber hingga ke tepi jalan tersebut.

” Petugas satgas sampah, pasukan kuning dan pasukan hijau sudah dua hari ini gotong royong membersihkan tempat pembuangan akhir (TPA) liar di area itu,” kata Kepala Dinas DLH Basel, Hefi Nuranda di Toboali, Rabu.

Hefi mengatakan selama dua hari aksi gotong royong tersebut dilakukan, petugas kebersihan berhasil mengangkut kurang lebih 10 hingga 12 ton sampah rumah tangga di tempat pembuangan akhir liar di wilayah itu.

Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Selatan sudah ke empat kalinya membersihkan tumpukan sampah di area Gang Kapuk Kecamatan Toboali.
Bukannya bersih justru sampah semakin hari kian bertambah.

” Saya berharap dengan aksi pembersihan ini kesadaran masyarakat terus meningkat, jangan membuang sampah sembarang, buang lah sampah pada tempatnya supaya lingkungan kita bersih dari sampah dan permasalahan sampah cepat teratasi,” pintanya.

Dalam waktu dekat ini, DLH Basel akan bekerjasama dengan pihak kecamatan, kelurahan dan RT setempat membahas daerah yang belum dimasuki mobil sampah sehingga kedepannya tidak ada lagi TPA liar di tempat yang telah dibersihkan oleh petugas kebersihan.

” Ya nanti kita akan coba mengakomodir daerah yang belum dimasuki mobil sampah melalui armada satgas sampah. Harapan kami masyarakat biasa buang sampah di TPA liar ini, sampahnya bisa kami jemput dan TPA liar dapat kita kurangi,” harapnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.