Lugas dan Berimbang

Pj Gubernur Suganda Ingatkan Pentingnya Peran Keluarga Terhadap Penyembuhan ODGJ

0 152

 

KELAPA KAMPIT – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Kep. Babel) terus berkomitmen memberikan perhatian dalam menyembuhkan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Bumi Serumpun Sebalai.

Seperti yang dilakukan kali ini, pihak RSJ dr. Samsi Jacobalis mengadakan Family Supportif Group pada keluarga ODGJ di Puskesmas Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur yang dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu bersama sang istri Maya Suganda Pasaribu pada Rabu (14/6).

“Kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan. Saya sampaikan bahwa ODGJ itu bisa diderita siapapun, termasuk diri kita. Jadi kita perlu meningkatkan sensitivitas dan rasa empati kita terhadap orang di sekitar kita,” ungkap Pj. Gubernur Suganda mengawali sambutannya.

Dirinya merasa prihatin terhadap perlakuan orang-orang terdekat ke ODGJ. Mereka tidak sedikit yang di telantarkan bahkan tidak dipedulikan oleh keluarganya sendiri atau lingkungan sekitar.

Menurutnya, peran keluarga lah yang paling vital, karena ODGJ perlu bantuan untuk sembuh, mulai dari perhatian, pendampingan, serta menciptakan lingkungan yang kondusif dalam mendukung penyembuhannya.

Sehingga ia berpesan kepada keluarga yang memiliki pasien eks ODGJ agar lebih menjalankan perannya untuk kesembuhan pasien serta jangan sampai terjadi pasien merasa dikucilkan atau dijauhi.

“Kita harus bantu, mereka ini tidak menginginkan kondisi seperti ini, dan _recovery_ tercepat tentunya dukungan dari keluarganya,” harapnya.

Mengakhiri acara, Pj. Gubernur Suganda menyempatkan untuk bernyanyi bersama serta menyerahkan bantuan untuk keluarga pasien ODGJ.

Penulis: Budi
Fotografer: Bila
Editor: Lisia Ayu

Leave A Reply

Your email address will not be published.