Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

PWI Basel Tularkan Ilmu Jurnalistik ke Peserta Raimuna Karwacab di Bangka Selatan

0 107

SatuArahNews, TOBOALI- Sebanyak 70 peserta Raimuna Karwacab yang ada di Kabupaten Bangka Selatan mengikuti pengenalan jurnalistik dasar dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kamis (18/05/2023) pagi.

Terlihat kegiatan jurnalistik yang berlangsung di Bumi Perkemahan Pemkab Basel tersebut, puluhan peserta Raimuna itu sangat antusias mengikuti pengenalan jurnalistik.

Guna mempertajam ilmu menulis para pelajar, PWI Basel menyiapkan beberapa penulis handal dari masing-masing media yang tergabung di PWI Basel diantaranya media TVRI Babel Eko Septianto Rasyim, Media Babel Pos Ilham, Warta Bangka Angga Fitriansah dan SatuArahnews Suwandika Ananto.

Empat anggota PWI Basel itu ditugaskan untuk mendampingi para peserta raimuna menulis rilis berita. Hal ini dimaksudkan supaya kedepannya para pelajar lebih rajin lagi menulis dan menghasilkan sebuah karya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Basel Dedy Irawan menyatakan, menulis berita, opini maupun feature merupakan kebutuhan penting para pelajar terutama bagi peserta raimuna saat akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

” Mulailah dari sekarang pelan-pelan menulis, bisa menulis rilis berita, feature, ataupun artikel opini dan yang harus dipahami bekal menulis adalah membaca. Dengan membaca menulis akan terasa lebih mudah,” katanya.

Dari kegiatan jurnalistik ini, Dedy meminta para peserta yang bisa menulis puisi, pantun atau cerpen dapat mengirimkan karyanya ke media cetak dan online untuk dipublikasi.

” Saya juga mengajak para peserta Raimuna untuk ikut berpartisipasi pada Lomba Menulis Inkubator Literasi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Daerah Basel bekerja sama dengan Perpusnas RI dan disuport oleh PWI dan GPMB Basel,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwarcab Basel, Hengki mengapresiasi pengenalan literasi jurnalistik yang disampaikan PWI Basel ke peserta Raimuna.

“Saya berharap melalui pengenalan jurnalistik dasar ini nantinya Kwaran se-Basel dapat aktif menyampaikan kegiatannya untuk dipublikasi,” katanya

Sementara itu, Salah satu peserta Raimuna yang ikut dalam kegiatan pengenalan jurnalistik dasar Firmansyah mengucapkan, terima kasih atas pengetahuan jurnalistik yang disampaikan PWI Basel.

“Terima kasih Kakak-kakak PWI Basel, dengan kegiatan ini kami jadi tahu secara teori maupun praktik dasar jurnalistik. Tadi setelah teori kami diajarkan praktik wawancara dan langsung menulis berita, sangat bermanfaat bagi kami,” harapnya (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.