Lugas dan Berimbang

Sungailiat Kembali Gelar Sport Tourism Triathlon

0 70

 

 

SUNGAILIAT – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu mendampingi Mentari Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Salahudin Uno membuka secara resmi Sungailiat Triathlon (Lomba renang, balap sepeda, dan lari) 2023 di kawasan objek wisata Tanjung Pesona Beach and Resort, Sabtu (13/05/2023) pukul 06.00 WIB.

Event Sport Tourism Triathlon di tahun 2023, kali ini tertajuk “Reunion And Welcome New Participants” melombakan tiga kategori meliputi Sprint Open Distance dan Sprint Local Distance dengan jarak renang 750m, sepeda 20km, dan lari sejauh 5km. Standart Distance dengan jarak renang 1,5km, sepeda 40km dan lari 10km serta, Long Distance dengan jarak renang 1,9km, sepeda 90km, lari 20km. Sedangkan kategori umur, meliputi usia 20 sampai 30 tahun, 31 sampai 40 tahun serta usia di atas 50 tahun.

“Kami ucapkan terima kasih atas peserta. Thank you so much for supporting tourism, for Bangka Belitung. Have a nice race. Dengan mengucapkan bismilahirohmanirohim, saya nyatakan Sungailiat Triathlon 2023 dibuka,” ungkap Menteri Sandi kepada para peserta yang tidak hanya berasal dari lokal Indonesia tetapi juga mancanegara.

Dimulai dari kategori Long Listance dengan jarak renang 1,9km, bendera start diangkat oleh Pj Gubernur Suganda. Dilanjutkan Menteri Sandi yang mengangkat bendera start untuk kategori Standart Distance dengan jarak renang 1,5km, dan Bupati Mulkan angkatkan bendera start untuk kategori Sprint Local Distance dengan jarak renang 750m, tampak diantaranya Menteri Sandi turut menjadi peserta kategori ini.

 

*Sport Turism Berdampak Luas*

Didampingi sang Istri Maya Suganda Pasaribu, Pj Gubernur Suganda pada kesempatan ini mengatakan, event seperti ini sangat menggeliatkan pariwisata melalui ajang olahraga.

“Kita bisa mempromosikan pariwisata yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” pungkasnya.

Dirinya berharap, ajang seperti ini dapat dilakukan pula oleh kabupaten/kota lain di Babel karena dampaknya yang luas.

“Mudah-mudahan ini tidak hanya di Kabupaten Bangka, tetapi juga kabupaten/kota lain yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sehingga ini akan berdampak sangat luas untuk mempromosikan pariwisata yang ada di provinsi ini,” ungkap Pj Gubernur Suganda.

Hadir mendampingi Pj Gubernur Babel, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Babel Widya Kemala Sari, menjelaskan bahwa event ini murni diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang masuk dalam Rencana Event Nasional (REN) Kementerian Parekraf RI. Hingga disetujui dan terlaksana tahun 2023, event ini dikatakannya sempat tertunda hingga 2 tahun dikarenakan Covid-19.

“Sudah lama kita tidak melihat bule-bule berkunjung setelah Covid-19. Kita harapkan setelah event-event seperti ini, kunjungan wisatawan mancanegara meningkat,” pungkasnya.

Penulis : Nona
Foto : Saktio
Editor : Natasya

Leave A Reply

Your email address will not be published.