Lugas dan Berimbang

Pj Gubernur: Pengelolaan TPI Harus Lebih Baik

0 92

 

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) berkeinginan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dapat dikelola dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
Hal itu dituturkan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel Suganda Pandapotan Pasaribu ketika meninjau TPI yang ada di daerah Ketapang Pangkal Balam, Pangkalpinang, Jumat (5/5/23).

Menurutnya banyak hal yang akan dibenahi di TPI tersebut salah satunya penataan wilayah. Karena di TPI ini ada wilayah yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Pemprov Kep. Babel.

“Tujuan meninjau TPI ini yaitu saya ingin melihat tata kelolanya seperti apa, keluhannya apa, termasuk persinggungan wilayah kita dengan Pemkot,” ujar Pj Suganda.

Saat ini di TPI ini banyak bangunan yang tidak difungsikan dengan baik, sehingga banyak bangunan yang rusak, lingkungan terlihat kotor, serta banyak hal lainnya untuk dibenahi dengan baik.

Suganda yakin apabila TPI dikelola dengan baik dapat menstabilkan harga ikan, karena selama ini ikan merupakan salah satu penyumbang inflasi di Kep. Babel.

“Kalau TPI dikelola dengan bagus, perputaran ekonomi akan bagus pula, harga ikan pun akan terjangkau, inflasi juga terjaga. Konsep kedepannya yaitu TPI harus dikelola dengan baik, kegiatan transformasi harus lancar, harga ikan harus stabil,” tegasnya.

Untuk itu dalam waktu dekat ini, PJ Gubernur Suganda akan melakukan pertemuan dengan kementerian kelautan perikanan (KKP) dalam rangka untuk menjalin kerjasama terkait pengelolaan TPI supaya lebih baik lagi.

 

Penulis: Hasan.A.M
Potografer: Fajar
Editor: Intan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.