Lugas dan Berimbang

Perdana ke Belitung, Pj Gubernur Suganda Kunjungi UMKM Khasnya

0 123

 

BELITUNG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu bersama sang Istri Maya Krista Sidabutar, mencoba proses pembuatan kain ecoprint di Sepiak Belitong, Air Saga, Belitung, Kamis (6/4/2023).

“Saya coba dong,” ungkapnya mengambil palu kecil yang merupakan alat bantu pembuatan motif ecoprint yang sedang dipraktikkan salah seorang pekerja di Galeri Sepiak Belitong.

“Tapi warnanya tidak akan sama ya? Malah menjadi motif unik,” Puji Pj Gubernur.

Didampingi langsung oleh Bela pemilik Sepiak Belitong, ia menjelaskan Ecoprint merupakan salah satu produk yang dibuat oleh pengrajin di workshopnya. Khas belitung, lanjutnya, biasa diiwarnai dengan daun ketapang dengan motif daun-daun simpur.

“Biasanya bule-bule lebih suka dengan motif yang seperti ini,” ceritanya yang bahkan produknya ini rutin diekspor ke Singapura.

Ada dua metode, lanjutnya menjelaskan, diketok dan dikukus. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan menghasilkan warna yang sangat berbeda.

“Prosesnya bisa lebih dari 2 hari,” ungkapnya.

Selain produk ecoprint, juga ada produk turunan lada seperti parfume, minyak angin, aroma terapi, sabun hingga pengharum ruangan. Hanya saja, Pabrikasi masih diluar.

Menganggapi ini, Pj Gubernur Suganda berpesan agar Disperindag Kep. Babel dapat mendampingi pengembangan dari Sepiak Belitong.

“Kalau kita bisa, kenapa tidak dikerjakan?” Tegasnya mendengar penjelasan Subekti, Kabid Industri Disperindag Babel yang ikut mendampingi.

“BI adalah mitra umkm kita di babel untuk pengembangan,” jelas Subekti.

Selain ke Sepiak Belitong, Pasangan suami istri yang sekarang memimpin pemerintahan Kep. Babel ini, juga sempat mengunjungi UMKM dengan produk makanan, Durio.
Tidak hanya memastikan UMKM ini mendapat support pemerintah dan stakeholder di Kep. Babel tetapi juga membeli banyak produk di galeri Durio untuk oleh-oleh.

Dalam kunjungan pertama ke Pulau Belitung ini, kunjungan terakhir UMKM dilakukan ke pengrajin bambu di kawasan Pantai Tanjung Pendam. Di sini, Maya membeli sebuah lampu hias dan memperkenalkan diri karena tak lama lagipun dirinya akan menjadi Pj Ketua Dekrnasda Wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Penulis : Nona
foto : Deo
Editor : Intan

Leave A Reply

Your email address will not be published.