Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Tingkatkan Minat Baca dan Ketrampilan, DPKAR Bangka Selatan Kembangkan Perpustakaan Desa

0 192

SatuArahNews, Toboali- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPKAR) Kabupaten Bangka Selatan, Sumadi mengatakan pihaknya sedang mengembangkan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di setiap Desa di wilayah itu.

 

“Tahun 2021 kemarin ada lima desa di Bangka Selatan terpilih dalam melaksanakan program trasformasi perpustakaan berbasis inkslusi sosial ini, seperti Desa Irat, Bencah, Airbara, Tiram, dan Desa Permis,” namun yang sudah berjalan saat ini baru Desa Tiram,” kata Sumadi.Selasa (22/3/2022).

 

Menurut Mantan Dinas Pendidikan itu, program yang diluncurkan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) tersebut, tidak hanya menjadikan perpustakaan sebagai tempat membaca, melainkan tempat bagi masyarakat mencari ilmu.

 

“Bagi masyarakat yang memiliki keterampilan seperti membuat kue, menjahit maupun keterampilan lokal lainnya, dapat kita didik nantinya melalui perpustakaan di desa tersebut,” ucapnya.

 

Tak hanya itu, Perpusnas juga memberikan bantuan ke perpustakaan daerah berupa sarana komputer, buku,server, printer, kemudian proyektor, guna meningkatkan ketrampilan masyarakat.

 

Ia berharap, hadirnya program perpustakaan berbasis inklusi sosial di daerah ini, dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga literasi di daerah itu dapat meningkat.

 

‘Kemudian dengan pemberian pembelajaran keterampilan diharapkan bisa mendongkrak perekonomian di desa tersebut,”ujarnya. ( Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.