Lugas dan Berimbang

Pemkab Basel Akan Anggarkan Mobil Pengangkut Sampah

0 795

SATUARAHNEWS. COM –Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung akan menganggarkan mobil pikap pengangkut sampah.

Mobil tersebut akan diberikan kepada kelurahan yang membutuhkan mobil angkut sampah.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid, kepada wartawan, Rabu (23/2/2022). Namun, untuk pengadaan mobil itu masih diupayakan oleh pihaknya di anggaran perubahan tahun 2022.

“Insyaallah diperubahan dan uangnya memungkinkan kita anggarkan, karena keluhan masyarakat terkait sampah ini luar biasa. Saya minta tolong juga kepada masyarakat agar buanglah sampah pada tempatnya,” kata Riza.

Menurutnya, Pemerintah Daerah Bangka Selatan tidak tinggal diam terkait permasalahan sampah ini.

Pihaknya juga akan berusaha meningkatkan fasilitas-fasiltas umum seperti mobil angkut sampah guna menunjang pekerjaan tersebut.

“Untuk mobil angkut sampah. Kemarin juga sudah saya rapatkan dinas terkait. Bagaimana di setiap keluarahan mendapatkan satu mobil pikap untuk mengangkut sampah guna menunjang pekerjaan mereka,” ungkap Riza.

Ia juga meminta kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya, seperti di pasar di sana ada kontenernya buanglah di sana.

“Kepada masyarakat tolong kerjasamanya. Di Pasar kan ada kontener buanglah di dalamnya jangan di luar. Sedangkan di dalam baru setengah dan di luarnya sudah menumpuk. Maksud saya masyarakat menjaga kebersihan di sekitar kita,” ucapnya.

Riza juga mengajak masyarakatnya untuk menjaga kebersihan lingkungan guna mengantisipasi penularan penyakit.

Saat ini di Bangka Selatan sendiri sedangkan dilanda wabah demam berdarah dengue (DBD) tercatat 17 kasus dan dua orang meninggal dunia.

“Terkait DBD pemerintah sudah memerintah dinas terkait untuk melakukan fogging di setiap kawasan yang tertular DBD dan persiapan perawatan di rumah sakit,” jelas Riza.

Saat ini Dinas Kesehatan Bangka Selatan terus melakukan fogging terutama di daerah yang pasien sudah di rawan di rumah sakit.

Ia juga mengingatkan bila menemukan tempat yang bisa menampung air agar sekiranya dibuang ditakutkan jentik nyamuk akan berkembang biak di sana.(Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.