Lugas dan Berimbang

Waduh! Daerah Rawa Dibangun Perumahan, Wali Kota Pangkalpinang Segera Panggil Developer

0 263

PANGKALPINANG – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) meninjau lokasi banjir yang mengepung perumahan warga di kawasan Kulan, Gang Seniman Babel Kelurahan Tuatunu, Kecamatan Gerunggang, Rabu (24/11/2021) sekira pukul 06.30 WIB.

Dia mendatangi lokasi setelah mendapat pesan whatsapp dari warga sekitar. Molen menuturkan kawasan tersebut merupakan rawa yang telah dijadikan perumahan sehingga dia akan memanggil developer perumahan tersebut bersama stakeholder, OPD terkait dan warga.

“Memang pasang air laut agak tinggi, hujan juga deras jadi menyebabkan debit air tinggi. Tadi kita juga bantu evakuasi beberapa warga. Kita akan panggil developernya, itu kan daerah rawa kok dibikin perumahan. Makanya akan dikroscek lagi terkait perizinannya, amdal dan lain sebagainya,” kata Molen.

Dia menyebut, developer sudah disarankan untuk tidak membangun perumahan di kawasan tersebut dengan menimbun lahan. Untuk itu pihaknya akan memanggil pihak terkait untuk mencari solusinya bersama warga sekitar juga.

“jangan sampai developer asal bangun lalu masyarakat ada kejadian seperti ini ngadu ke kita,” lanjutnya.

Molen menyampaikan aduan masyarakat terkait bencana maupun hal genting lainnya langsung segera disikapi. Informasi ini diketahui molen langsung dari nomor layanan aduan yang disebarkan beberapa OPD di Pemerintah Kota Pangkalpinang. Menurutnya dengan nomor layanan tersebut berguna dan memudahkannya mendapatkan informasi langsung serta cepat untuk direspon.

“ Ini adalah rawa-rawa titik rendah ada di sini, jangan lagi bikin penimbunan di sini dan segala macam, dengan banyak penimbunan ini makin parah mau digali got tidak bisa juga karena ini memang daerah terendah. Karena air pasang laut tinggi dan debit curah hujan agak tinggi,” tegasnya. (Rilis/*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.