Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Menuju Pemilu Serentak, Bawaslu Basel Gelar Sosialisasi PPID

0 651

Bangka Selatan— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan, menggelar acara Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di era Digitalisasi Menuju Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024 di Roof Tob Cafe  Toboali, Kamis (7/10/2021).

Ketua Bawaslu Kabupaten Basel Sahirin yang membuka acara tersebut mengatakan keberadaan PPID di Bawaslu Basel diharapkan bukan hanya dapat mengelola data dan informasi secara internal saja tetapi juga dapat mendorong Bawaslu Basel mengoptimalkan transparansi informasi kepada masyarakat Bangka Selatan.

Sosialisasi yang dipandu Staf Bawaslu Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Zio L Monarek ini menghadirkan narasumber Komisioner Bawaslu Kordiv Hukum Humas dan Datin Bawaslu Propinsi Kepulauan Bangka Belitung  Dewi Rusmala yang menyampaikan materi tentang implementasi keterbukaan informasi publik dalam mengawal Pemilu di Propinsi Bangka Belitung.

Ia memaparkan keberadaan PPID Bawaslu untuk mewujudkan Bawaslu sebagai lembaga pengawal terpercaya dalam penyelenggaraan Pemilu demokratis, bermartabat dan berkualitas.

Sementara itu, narasumber lainnya Ketua PWI Basel Dedy Irawan menjelaskan pentingnya peran PPID dalam sebuah organisasi. PPID yang aktif akan mampu mengemas citra sebuah organisasi menjadi semakin baik.

“PPID selain mampu mengolah data dan informasi secara internal serta memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, PPID juga harus mampu memanfaatkan mitra strategisnya, media atau wartawan agar dapat mempublish semua kegiatan organisasi,” jelasnya.

Bahkan Dedy menilai PPID Bawaslu Basel adalah PPID terbaik yang telah menerapkan hubungan kemitraan dengan media selama ini.

“PPID dan Humas Bawaslu Basel telah menerapkan fungsi dan tugasnya secara maksimal. Bagaimana PPID Bawaslu mengoptimalkan hubungan kemitraan yang strategis dengan media dalam hal publikasi media, kami sangat mengapresiasi Bawaslu Basel,” tutup Dedy.

Leave A Reply

Your email address will not be published.