Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Mahasiswa KKN STKIP MBB Gelar Program Unggulan di Desa Rias

0 787

SATUARAHNEWS.COM, TOBOALI  — Mahasiswa KKN STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB), melaksanakan program unggulan di Desa Rias, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Kegiatan yang bertema Membangun Keahlian Warga Sekolah Berbasis Potensi Lokal ini bertempat di Gedung SMA Negeri 2 Toboali. Senin, (17/2/2020).

Diawali dengan kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pemerintah Desa Rias dengan STKIP MBB.  Kemudian dilanjutkan dengan Sosiasilisasi Kewirausahaan Berbasis Ekowisata.

“Selama ini lulusan dari dunia pendidikan lebih banyak yang berorientasi untuk mejadi pekerja bukan pengusaha, maka diharapkan adanya wawasan baru yang mengubah paradigma ini,” ujar Kepala Desa Rias A. Gani Saprin.

Sementara itu, Adevia Indah Kusuma, M.M., salah satu tim dosen yang menjadi narasumber, dengan materi Entrepreneur. saat ini dunia pendidikan membutuhkan para pendidik yang terus-menerus berusaha untuk memperbaiki kualitas pembelajarannya baik dalam pembelajaran di dalam maupun luar kelas.

“Hal ini bertujuan untuk merangsang pola pikir peserta didik sehingga nantinya mampu dan memiliki daya saing yang tinggi. Konsep Entrepreneur sendiri bukan hanya untuk pendidik yang berkecimpung langsung dengan kegiatan belajar mengajar tetapi untuk semua pengusaha maupun pengabdi yang ingin meningkatkan semua bentuk pendidikan secara langsung maupun tidak  langsung, dan pada akhirnya semua ini adalah tentang nilai-nilai karakter dengan indikator-indikator ketercapaian layaknya karakter yang dimiliki pengusaha,” jelasnya,

Ia juga menjelaskan, program yang telah dibuat oleh mahasiswa KKN Desa Rias melibatkan potensi lokal dengan berbagai bentuk, salah satunya edukasi kewirausahaan dan wisata yang hari itu dilakukan pada dua tempat.

Sasaran kegiatan sosialisasi kewirausahaan ini sebagai langkah awal edukasi sadar wisata masyarakat desa Rias yaitu pada kalangan warga sekolah dan Karang Taruna. Sedangkan untuk kalangan kelompok masyarakat ibu-ibu PKK dan ibu–ibu pengajian diberikan kegiatan lainnya yang dilakukan di Balai Desa berupa pelatihan membuat makanan sebagai persiapan wawasan dan keterampilan membuat camilan berpotensi sebagai oleh-oleh Desa Rias. PKS dengan pemerintahan Desa Rias yang telah dilakukan tadi juga merupakan bentuk dari program ini. (Rillis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.