Lugas dan Berimbang

Pemkot Pangkalpinang Gelar Upacara Peringatan Hardiknas

0 1,047
Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, di Ruang Pertemuan OR, Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Kamis, (2/5/19)

Foto : Istimewa

SATUARAHNEWS.COM, PANGKALPINANG—Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang menggelar upacara hari Pendidikan Nasional tahun 2019, berlangsung di Ruang Pertemuan OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Kamis, (2/5/19).

Upacara tersebut dipimpin langsung Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M. Sopian serra dihadiri, Kepala OPD Pangkalpinang beserta Forkopimda wilayah Kota Pangkalpinang.

“Bangsa Indonesia baru saja berhasil melewati tahap puncak perhelatan Pemilu serentak tanggal 17 April 2019 lalu, kini prosesnya masi berlanjut menuju penentuan akhir tanggal 22 Mei 2019. Dilihat dari sudut pandang pendidikan didalam pemilihan umum harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan”, ujar M. Sopian saat membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lanjutnya, perlu diketahui bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional sesuai UU NO 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 13.

“Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) telah memberikan perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar terdepan maupun tertinggal bahkan kemendikbud memberikan perhatian khusus pada anak anak Indonesia yang berada diluar batas negara seperti anak anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak negara bagian Malaysia”, ujarnya.

Ia mengatakan, kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya,terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman guna membingkai hadirnya sumberdaya sumberdaya yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

“Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional, marilah kita konsentrasi segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang di landasi karakter yang kuat keterampilan dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif”, katanya.

Lebih lanjut, Wawako menyampaikan atas nama Pemerintah izinkan saya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri. Terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan disemua jenjang para pegiat PAUD, Pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan dan kontributor pendidik

“Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia yang tak lelah menyampaikan mimpi, memberikan inspirasi membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya”, terangnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.