Lugas dan Berimbang

Gubernur Babel Dukung Pencanangan Relokasi Makorem 045/Gaya

0 485

 

SATUARAHNEWS.COM, PANGKALPINANG— Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendukung penuh pencanangan pembangunan relokasi kantor Makorem 045/Garuda Jaya segera berdiri di komplek Perkantoran Terpadu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Jalan Pulau Bangka, Air Itam, kota Pangkalpinang.

” Ini merupakan kebutuhan mendesak untuk dibangun Makorem di pusat kantor Provinsi ini, saya sangat bangga sekali bisa menghadiri acara ini, saat pembangunan Makorem di desa Belilik dulu saya ikut andil, dan saat ini saya jadi Gubernur dan hadir disini”, ujar Gubernur Babel saat diwawancarai usai kegiatan pencanangan pembangunan relokasi kantor Makorem 045/Garuda Jaya. Rabu, (24/4/19).

Menurutnya, Provinsi Babel dilihat dari jumlah penduduknya sangat kecil, namun tantangannya sangat besar khususnya tantangan keamanan teritorial.

“Setelah direlokasinya Makorem, jadi aktivitas jajaran anggora lebih kuat dan intensif untuk melayani masyarakat, seperti kita tahu tantangan sangat besar karena luas laut sangat luar biasa, ini perlu kita dukung jajaran TNI khususnya Angkatan Darat dan Angkatan”, kata Gubernur.

Selain itu, Gubernur Babel mengapresiasi atas naiknya status Makorem 045/Gaya sehingga Pemprov perlu mendukung.

“Saya bergembira bahwa Makorem 045/Gaya di Babel sudah di SK kan oleh Presiden dengan Korem berstatus tipe A, ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada Provinsi Babel”, ujar Gubernur.

Lanjut Gubernur, Pemprov telah menghibahkan lahan untuk pembangunan Makorem, dan juga nantinya  akan membangun fasilitas kesehatan.

” Total lahan 3,5 hektar, ada dukungan lainya yakni untuk Korem yang lama akan jadi Batalyon dan nantinya bekerja sama juga dengan Wali Kota Pangkalpinang, akan kita bangun sporting kapal dalam kegaiatan tanggap darurat bencana”, pungkas Gubernur.

Gubernur juga berharap, pembangunan Makorem 045/Gaya selesai tahun ini.

” Mudah-mudahan akhir tahun selesai”, harapnya.

Sementara itu, Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf. Dadang Arif Abdurahman mengatakan bahwa, keberadaan Korem 045/Gaya sebagai satuan Komando Kewilayahan untuk membantu tugas Pemerintah Daerah.

” Tugas pentingnya yakni dalam membina potensi wilayah baik itu aspek geografi, demografi dan kondisi sosial dengan segenap aspeknya dalam menjadikan wilayah sebagai ruang, alat untuk kepentingan pertahanan negara di darat”, ujar Danrem.

Danrem menyampaikan, keberadaan Makorem yang jauh dari pusat kota dan pemerintahan sangat tidak efektif dan efisien dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun dengan instansi lainnya.

“Berkenaan dengan penyediaan lahan relokasi Markas Korem oleh Pemprov, atas nama keluarga besar Korem 045/Gaya saya mengucapkan terima kasih khususnya kepada Gubernur atas terlaksananya relokasi Kantor Korem tersebut”, kata Danrem. (gr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.