Lugas dan Berimbang

Pentingnya Menjaga Ekosistem, PDC Gelar Seminar Wisata Bahari di Era Milenial

0 721

Satuarahnews.com, Bangka – Pinguin Diving Club (PDC)  Univesitas Bangka Belitung (UBB) melaksanakan Seminar Wisata Bahari di-Era Milenial, yang berlangsung di  Ruang Rapat Besar Gedung UBB, Kamis (14/2).

Kegiatan tersebut juga bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDC-UBB ke-10 atau 1 Dekade ini bermahkota “From  Scientific to Future”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Presiden Mahasiswa, Ketua PDC, Dosen, Alumni Anggota Luar Biasa (ALB) PDC, serta ratusan Mahasiswa/i  se-Universitas Bangka Belitung yang terdiri dari 28 Organisasi Mahasiswa (Ormawa).

Alumni ALB-PDC, Dedi menyampaikan materi terkait kegiatan wisata bawah laut, memberikan pemahaman serta wawasan mengenai penyelaman.

Ia mengatakan bahwa, Wisata Bahari snorkling dan diving, pada umumnya menimbulkan dampak kerusakan ke-ekosistem terumbu karang diantaranya; merubah insting biologis biota asosiasi,  memecahkan, dan mematahkan karang.

“Di Era milenial ad beberapa hal yg perlu dilakukan dalam berwisata, yaitu didampingi oleh guide tour yg berpengalaman, memahami tata cara, Etika dalam berwisata, serta mengikuti prosedur arahan dari tour guide,” paparnya

Ia pun menambahkan materi mengenai cara mengembangkan wisata seperti, membuat wisata baru dengan konsep wisata lingkungan, memposting foto atau video yang menarik dan tidak keluar dari jalur kaedah atau aturan berwisata.

Selain itu, ketua PDC Arham Hafidh Akbar menyampaikan bahwa, seminar tersebut masuk ke dalam rangkaian kegiatan coastal festival 2019.

“Jadi seminar wisata bahari di-Era Milenial bertujuan untuk berbagi wawasan tentang wisata bahari dan pesisir, bagaimana berwisata yang baik dan apa saja dampaknya,” tuturnya

Sementara itu, Presiden mahasiswa UBB Janovan ikut memberikan tanggapan positif dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini bermanfaat sekali bagi saya dan juga mahasiwa, saya mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru, serta  bagaimana kondisi tentang wisata bahari di bangka belitung, saya juga terus mendukung teman -teman PDC-UBB  mengenai riset menjaga dan melestarikannya,” ujar Janovan.

Senada dengan hal itu, Rizza Muftiadi, M.Si selaku Dosen jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan sekaligus Pembina PDC, menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kegiatan seperti ini akan sering dilakukan PDC, sehingga bisa menambah wawasan bagi seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa UBB, selamat ulang tahun Pinguin Diving Club, Waspada Dira Anuraga,” ucapnya.

Menurutnya, Seminar ini diharapkan bisa menambah kesadaran mahasiswa agar ikut serta peduli dengan wisata bahari yng ada di babel karena mahasiswa memiliki peran penting terkait kelangsungan wisata di babel.

Agus salah satu peserta dari pecinta alam Kompas UBB menyampaikan bahwa, mahasiswa sangat antusias ikut dalam kegiatan tersebut.

“Setelah mengikuti seminar ini banyak sekali yang saya dapatkan, penyampaian materinya sangat baik, antusias dari mahasiswa juga sangat baik, untuk kedepannya durasinya bisa dilebih lamakan lagi. Sekian dari saya dan terimakasih, salam lestari,” tutupnya. (rilis/M1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.