Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Peringati HPN 2019, Pokja Jurnalis Basel Gelar Workshop dan Lomba Menulis

0 614

SATUARAHNEWS.COM— TOBOALI – Memperingati Hari Pers Nasional tahun 2019 yang jatuh pada 9 Februari mendatang, Kelompok Kerja Jurnalis Bangka Selatan akan menggelar berbagai kegiatan.

Sebanyak lima agenda kegiatan HPN Kabupaten Bangka Selatan yang akan dilaksanakan yaitu Pokja Goes to School (Workshop Jurnalistik tingkat SMA), Pokja Goes to Village (Workshop PPID Desa se-Basel), Lomba Menulis Ketentuan Lomba Menulis Artikel Wisata dan Budaya serta Bakti Sosial Santunan Anak Yatim dan Kaum Duafa.

Pokja Jurnalis Basel juga akan melaksanakan peringatan seremoni HPN 2019 yang diisi dengan sejumlah door prize dan hiburan pada acara Car Free Day yang rencananya akan digelar pada Minggu 24 Februari mendatang.

Sementara itu, Ketua Pokja Jurnalis Basel Dedy Irawan mengatakan,  “Pada HPN 2019 ini, ada lima agenda kegiatan yang kita laksanakan, Pokja Goes to School atau workshop jurnalistik tingkat SMA, ada sekolah yang kita datangi rencananya SLTA di Kecamatan Airgegas dan SLTA di Kecamatan Tukak Sadai, Pokja Goes to Village, Workshop Jurnalistik bagi PPID Desa se-Basel, ujarnya. Minggu (13/1/2019).

Dilanjutkannya, ia mengajak para perangkat desa dalam mempublikasikan program dalam memajukan desa tersebut.

“Pokja mengajak Humas Desa untuk aktif menyampaikan potensi desa, baik itu wisata, budaya atau potensi lainnya seperti kuliner, perkebunan ataupun perikanan, sampaikan potensi ke media untuk kita publikasi, yang kita harapkan akan muncul multi efek baru, peluang wisata, bahkan investasi” terangnya.

Ia melanjutkan, rencananya Pokja Jurnalis Basel akan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Basel serta Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah agar dapat membukukan hasil karya peserta lomba artikel wisata dan budaya Bangka Selatan.

“Kita akan koordinasikan dengan Dindikbud, dan DKP, rencananya hasil karya artikel siswa selain hasil karya para pemenang akan muncul di media baik cetak maupun online, juga hasil karya rencananya akan dibukukan, ini sedang kita koordinasikan,” pungkas Dedy didampingi pengurus dan anggota Pokja.

Senada dengan hal itu, Sekretaris Pokja Jurnalis Basel, Wiwin Suseno mengungkapkan para pemenang akan mendapatkan hadiah tropi, piagam serta uang pembinaan.

Ia menyebutkan ketentuan lomba menulis yakni: 1. Tema artikel adalah “Junjung Besaoh, Surga Wisata dan Budaya Negeri Serumpun Sebalai”
2. Peserta perorangan siswa/i tingkat dan SMA (sederajat) se Bangka Selatan
3. Judul Artikel bebas sesuai dengan tema yang sudah ditentukan
4. Font yang digunakan dalam menulis adalah Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5, margins standar (4-3-4-3).
5. Jumlah Karakter (kata) minimal 700 Karakter
6. Melampirkan biodata, Nama Guru Wali Kelas serta Nama Kepala Sekolah.
7. Lomba Dimulai pada 13 Januari sampai 20 Februari 2019
8. Artikel dikirim ke email :pokja.jurnalisbasel@gmail.com
Nama file yang dikirimkan (Artikel) menggunakan nama peserta sendiri diikuti oleh nama sekolah, Contoh: Andre Bojan SMAN 1 Toboali
9. Bidoata peserta yang wajib melampirkan nama Wali Kelas dan No Hp serta nama Kepala Sekolah,
10. Pemenang akan Diumumkan pada Minggu, 24 Februari 2018.
Para pemenang Juara I, II dan III akan mendapatkan Tropi, Piagam Penghargaan serta Uang Pembinaan
11. Tulisan para pemenang akan diterbitkan di salah satu media cetak dan online lokal Bangka Belitung
12. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi CP. Antoni Bangka Pos (085247682434), Dedy Irawan Rakyat Pos (085267181115) dan Wiwin Suseno Baselpos.com (082184449904). (red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.