Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Petugas Damkar Berhasil Jinakkan Api Yang Melahap Hutan di Seberang Rumdin Wakil Bupati Basel

0 42

TOBOALI- Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Bangka Selatan berhasil menjinakkan api yang melahap hutan di seberang Rumah Dinas Wakil Bupati Basel.

” Kita mendapatkan laporan dari masyarakat adanya kebakaran hutan di dekat Rumah Dinas Wakil Bupati Basel pada pukul 11.30 WIB,” kata Kasi Damkar Dinas Satpol Pp Basel Prihandoko, Jumat (6/9/2024).

Mendapati laporan tersebut, pihaknya bergerak cepat meluncur ke lokasi kejadian dengan menerjunkan 10 petugas pemadam kebakaran dan 2 unit mobil damkar.

” Sesampainya di lokasi petugas langsung memadamkan api yang melahap hutan agar kobaran api tidak menyebar. Beruntung api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.10 WIB,” lanjutnya.

Prihandoko menyampaikan atas insiden ini kurang lebih ada 2 hektare hutan terbakar di lahap si jago merah, namun tidak diketahui penyebab pasti terjadinya kebakaran hutan yang melanda hutan tersebut.

Selain itu, pihaknya juga selalu monitoring daerah-daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) salah satunya di komplek perkantoran Pemkab Bangka Selatan.

” Daerah Komplek perkantoran Pemkab Basel ini sangat rentan terjadinya kebakaran dimana wilayah ini masih banyak hutan dan pastinya juga ada sebagian yang membuka lahan baru,” ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk sementara ini untuk tidak membakar hutan dan lahan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan menghindari membuka lahan perkebunan serta tidak meninggalkan api di area hutan dan lahan.

” Kita dengan pihak keamanan, BPBD dan pemerintah juga sudah jauh-jauh hari sudah memberikan imbauan ke masyarakat. Ditakutkan kondisi musim panas sangat rentan terjadinya kebakaran,” harapnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.