Lugas dan Berimbang

Pj Ketua TP PKK Babel Tekankan Pentingnya Kesehatan Keluarga untuk Masa Depan

0 122

 

KELAPA-Kesehatan keluarga tentu sangat berpengaruh akan masa depan bangsa. Terutama, bagi anak yang merupakan calon penerus bangsa. Untuk itu, dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2023, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Maya Suganda Pasaribu didampingi Dinas Kesehatan Kep. Babel mengunjungi langsung rumah warga yang di dalamnya ada ibu hamil serta anak yang masuk kriteria stunting di Desa Kacung, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (20/7/23).

Tujuannya, tentu untuk mengetahui secara langsung kondisi anak yang dikategorikan stunting dan ibu hamil serta, membicarakan permasalahan yang ada di lapangan kepada petugas kesehatan desa terkait, seperti ahli gizi, bidan desa, dan lainnya.

Pada kesemptan ini, Pj Ketua TP PKK Maya Suganda Pasaribu mengunjungi rumah Aira (1 tahun 1 bulan), Afizaria (8 bulan), Yossi (6 bulan), serta dua ibu hamil di antaranya Nivella dengan usia kehamilan 4 bulan (14 tahun) dan Tantri dengan usia kehamilan 7 bulan (21 tahun).

“Kita sebagai Ibu, harus sabar ya. Kadang anak-anak ini berubah-ubah. Kadang hari ini mau makan ikan, besoknya nggak mau. Makanya gimana kita aja untuk mengatur menu makanan anak. Pokoknya jangan sampai melewatkan asupan protein tiap hari,” ujar Pj Ketua TP PKK memberi arahan.

Selain itu, Ketua TP PKK Babel juga menekankan kepada ibu-ibu di Desa Kacung agar tetap menjaga kesehatan anak-anaknya, terutama anaknya yang masuk kategori stunting seperti berat badan (BB) rendah.

“Ibu, kalau bisa anaknya dijaga kesehatannya, untuk tetap fit. Soalnya kadang BB anak udah mau naik, eh anaknya sakit, jadi turun lagi. Dan jadilah tidak ada peningkatan BB,” katanya.

Untuk Ibu hamil, Pj Ketua TP PKK berpesan agar dapat menaikkan berat badannya hingga mencapai BB yang ideal, meminum suplemen tambah darah, dan makan-makanan yang bergizi.

Di akhir kunjungan, Ketua TP PKK Babel, Maya Suganda Pasaribu memberikan bantuan makanan tambahan berupa beras, telur, susu bubuk, kue bagi balita, vitamin, dan lainnya.

Penulis: Intan Pitaloka
Foto: Jo Fandi
Editor: Maalika

Leave A Reply

Your email address will not be published.