Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Aktivitas Tambang Timah di Area Persawahan Tanjung Batu Rias Ancam Kesejahteraan Petani

0 189

SatuArahNews, TOBOALI- Sejumlah petani berang adanya aktivitas tambang timah di tengah-tengah areal persawahan Tanjung Batu Desa Rias Kecamatan Toboali, Kamis (20/07/2023)

Aktivitas tambang timah di lokasi tersebut sudah beroperasi kurang lebih dua tahun silam, membuat para petani Desa Rias naik pitam.

Pasalnya, mereka sudah berulang kali memberitahu para penambang agar berhenti melakukan aktivitas tambang di areal persawahan. Namun tidak digubris oleh penambang.

Upaya petani untuk memberhentikan aktivitas tambang tidak cukup sampai disitu saja. Para petani juga sudah melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian dan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel. Namun hasilnya tetap saja nihil, aktivitas pertambangan masih tetap saja berjalan.

Berdasarkan pantauan awak media dilapangan, akibat aktivitas tambang tersebut terdapat limbah lumpur sudah mencemari beberapa petak sawah para petani dan lubang terbuka lebar puluhan meter di tengah-tengah areal persawahan.

” Aktivitas tambang di areal persawahaan itu kurang lebih hampir 2 tahun, kami sudah melaporkan kejadian ini, tetapi hasilnya masih sama saja, aktivitas tambang masih tetap berlanjut,” kata Alen Ketua Poktan Tanjung Batu.

Menurutnya, ada salah satu anggotanya yang besebelahan dengan tambang tersebut, sebagian pematang sawah sudah ada yang jebol akibat limbah lumpur dari aktivitas tambang itu.

Kendati demikian, ia berharap aparat penegak hukum dapat menindak secara tegas oknum pelaku tambang. Supaya tidak merugikan hasil produksi para petani kedepannya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.