Lugas dan Berimbang

Evaluasi dari Ombudsman RI, Tekankan Tugas Pemerintah Daerah Sejahterahkan Masyarakat Miskin

0 82

 

PANGKALPINANG – Ombudsman RI yang kali ini diwakili oleh Yeka Hendra Fatika dalam rangka kunjungan kerja, sekaligus melihat, mengevaluasi dan berdiskusi langsung bersama warga Desa Air Salemba terkait bantuan pangan pemerintah, bertempat di Kantor Lurah Air Salemba, Selasa (27/6/23).

Dalam sambutan diskusi secara terbuka tersebut, Yeka menegaskan bahwa tugas pemerintah itu ialah untuk melayani masyarakat, terutama masyarakat miskin yang perlu diperhatikan kesejahteraannya. Untuk itu, sebagai lembaga yang berfungsi untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, Ombudsman hadir di tengah-tengah masyarakat.

“Saya apresiasi walikota dan jajarannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Tapi, dalam hal ini, saya tegaskan kembali tugas pemerintah itu ialah melayani dan mensejahterahkan masyarakatnya, terutama masyarakat miskin. Karena kalau yang menengah ke atas, insya Allah sudah tersejahterahkan,” ujar Yeka.

Selain itu, Yeka juga menerima aduan dan keluhan bahwa ada beberapa masyarakat yang namanya sudah masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), tetapi tidak menerima bantuan. Tak hanya itu saja, Nurhayati TKSK Kecamatan Gabek, menyampaikan terkait kendala yang terjadi, seperti data orang yang sudah meninggal atau sudah pindah jiwa, yang seharusnya sudah tidak ada lagi, justru masih saja muncul.

“Saya ingin menanyakan terkait data orang yang meninggal dan pindah jiwa, yang mana sudah _clear_ , eh tetap muncul tiap tahunnya. Mohon diperhatikan lagi terkait hal ini Pak,” katanya.

Mendengar hal tersebut, Yeka meminta pihak dari perwakilan Pusdatin Kementerian Sosial RI, untuk berkoordinasi dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Semua hal yang didiskusikan hari ini, dikatakan oleh Yeka telah dicatat, dan akan jadi bahan yang dibawanya ke pusat, agar menemukan solusi terbaik.

Yeka juga menyebutkan alangkah baiknya pula, bantuan pangan pemerintah tersebut, diberikan dalam bentuk barang, bukan uang. Hal ini bertujuan, agar bantuan nutrisi berupa protein dan lainnya benar-benar tersampaikan dengan baik.

Diketahui, penyerahan bantuan pangan di Desa Air Salemba ini diberikan kepada 105 orang, untuk orang lanjut usia (lansia) dan masyarakat yang membutuhkan.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Badan Pangan Nasional, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kep. Babel, Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Wilayah Kep. Babel, Pusdatin Kemensos RI, Pimpinan Wilayah Bulog, dan Perwakilan PT Pos Indonesia Pangkalpinang.

Penulis: Intan Pitaloka
Foto: Saktio
Editor: Elvianti

Leave A Reply

Your email address will not be published.