Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Ini Upaya Pemkab Basel Atasi Masalah Hama Potong Leher Tanaman Padi

0 257

SatuArahNews, TOBOALI – Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan saat ini terus berjibaku mengatasi masalah hama penyakit potong leher atau blas yang menyerang tanaman padi di wilayah itu.

Salah satu upaya yang akan dilakukan pemerintah daerah dalam memberantas hama potong leher atau blas yakni mengoptimalkan peran penyuluh pertanian di Desa Rias.

Hal itu dilakukan agar para petani mendapatkan ilmu dan mengetahui sejak dini cara mengatasi penyakit yang menghantui petani saat memasuki musim panen.

” Nanti penyuluh dari Dinas Pertanian akan menyampaikan kepada para petani, masyarakat maupun kelompok tani untuk melakukan penyemprotan secara serentak di sawah,” kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel Risvandika di Toboali. Sabtu, (29/4/2023).

Menurut Risvandika. Hama potong leher penyakit ini penyebarannya sangat cepat, untuk itu penyemprotan insektisida tanaman padi tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, harus dilakukan secara serentak atau kompak guna membasmi virus tersebut.

Kendati demikian, dirinya meminta para petani untuk tidak khawatir dan cemas terhadap virus tersebut. Dinas Pertanian Basel juga akan bekerja sama DPP dan pihak Provinsi Bangka Belitung.

Dalam hal pengendalian hama penyakit, seperti gerakan pengendalian secara bersama melalui penyemprotan. Kemudian pengendalian menggunakan pestisida dan ekstisida sesuai dengan penyakit atau hama yang sedang menyerang tanaman padi itu.

” Kami juga telah memberikan bimbingan melalui sekolah lapang pertanian tanaman terpadu kepada petani di Desa Rias, mudah-mudahan melalui bimbingan hama ini, penyakit blas di Basel dapat berkurang dan meningkatkan hasil produksi para petani,” tuturnya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.