Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Perekaman E-KTP Tahun 2022 di Bangka Selatan Lampaui Target Nasional

0 198

 

SatuArahNews, Toboali- Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka Selatan mencatat sepanjang Januari sampai Desember Tahun 2022, perekaman E-KTP di daerah itu sudah mencapai target.

Target perekaman E-KTP sebelumnya sebesar 141.812 jiwa, kini tercapai di angka 151.359 atau 106 persen penduduk yang telah melakukan perekaman E-KTP di Didukcapil Basel.

” Berdasarkan target nasional penduduk wajib KTP yang harus direkam tahun 2022 ini sebesar 99,3 persen, namun saat ini kami sudah melampaui target tersebut atau tercapai di angka 106 persen,” kata Kepala Dinas Disdukcapil Basel Benny Supratama di Toboali

Benny menyebutkan, dari total capaian 106 persen Jiwa yang telah merekam diantaranya penduduk yang wajib memiliki KTP dan terdapat pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman E-KTP, untuk persiapan partai demokrasi serentak di Tahun 2024 mendatang.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat atau pemilih pemula yang belum melakukan perekaman E-KTP. Agar datang ke Disdukcapil Basel untuk melakukan perekaman.

” Saya himbau bagi masyarakat atau pelajar yang tanggal kelahirannya 27 November 2024 telah memasuki umur 17 tahun di tahun 2024, maka yang bersangkutan saat ini sudah diperbolehkan untuk melakukan perekaman E-KTP. Namun KTP fisik tersebut akan diberikan apabila dia sudah berumur 17 Tahun,” sebutnya

Benny mengungkapkan selama perekaman E-KTP di setiap kecamatan yang ada di Bangka Selatan, terdapat beberapa kendala yang ia temukan, seperti petugas operator yang terbatas dan minimnya tingkat kesadaran masyarakat.

” Petugas kami terbatas dengan wilayah jangkuan yang cukup luas, jarak antar kecamatan sangat jauh sehingga masyarakat datang kesini pun terkendala dengan jarak, apalagi alat rekam di setiap kecamatan belum semua merata memliki alat rekam seperti di Desa Pongok,” katanya.

Sementara ini, lanjut bennny. Yang bisa melakukan perekaman E-KTP tidak hanya di Disdukcapil Basel saja, tapi dibeberapa kecamatan sudah bisa merekam E-KTP, namun kecamatan yang saat ini belum bisa melakukan perekaman diantarannya Pongok, Tukak Sadai dan Toboali.

” Berdasarkan permintaan dari DPRD tahun ini, usulan kami sudah melakukan pengadaan alat rekam yang nanti akan segera dipasang di kecamatan yang belum ada alat rekam, insyaallah di tahun 2023 ini kecamatan tersebut sudah ada alat rekam sendiri. Dengan harapan masyarakat tidak perlu jauh-jauh rekam ke Toboali atau kami datang jemput bola perekaman, cukup datang ke kantor camat untuk perekaman,” harapnya ( Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.