Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Pasien Berobat Gunakan KTP di Puskesmas Toboali Naik Signifikan

0 256

SatuArahNew, Toboali- Data harian Pasien berobat menggunakan Kartu Tanda Penduduk di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Toboali Kabupaten Bangka Selatan mengalami kenaikan yang signifikan.

Kepala Puskesmas Toboali Rudi Hartono menyebutkan, adanya peningkatan data harian pasien ini terhitung sejak awal Desember hingga dua pekan terakhir Universal Health Corverge (UHC) atau berobat gratis cukup menunjukkan KTP tersebut berjalan.

“Dalam dua minggu terakhir ini data harian pelayanan kesehatan di Puskemas Toboali yang berobat gratis sekitar 50 sampai 120 pasien. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 20 sampai 30 persen dari tahun sebelumnya” katanya Selasa (27/12/2022)

Rudi mengatakan, pasien yang datang berobat menggunakan KTP ke Puskesmas ini di dominasi pasien pralansia dan lansia yang menderita penyakit ringan antara lain batuk pilek, ispa, hipertensi, kencing manis dan gatal-gatal.

Ia juga menjelaskan, selama penerapan berobat gratis. Terdapat beberapa kendala yang ia temukan pada pasien. Salah satunya KTP hingga Kartu BPJS yang belum aktif

” Bagi pasien KTP yang belum aktif, kami anjurkan untuk mengaktifkan KTP. Kemudian kartu BPJS yang tidak aktif kami minta KTP atau KK pasien nanti kami sonding dengan Dinkes melalui grup UHC, insyaallah satu kali dua puluh empat jam biasanya BPJS itu sudah aktif,” ucapnya.

Guna menyukseskan program UHC, dirinya saat ini terus melakukan sosialisasi melalui media sosial seperti facebook, Instagram, Website Puskesmas Toboali, fromkes motor gesit dan memiliki aplikasi Klinisia Puskesmas untuk pendaftaran. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.