Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Bawaslu Gandeng Dinas Dukcapil Rekam KTP Untuk Pemilih Pemula

0 208

 

SatuArahNews, Toboali- Badan Pengawas Pemilu bersama Dinas Dukcapil dan KPU Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan rapat koordinasi daftar pemilih berkelanjutan, Jumat (30/09/2022) siang

Rapat koordinasi tersebut dipimpinan Bawaslu Babel Jafri, Ketua Bawaslu Basel Azhari, Kadisdukcapil Benny Supratama, Komisioner KPU Rahmat dan seluruh anggota Bawaslu Basel.

Ketua Bawaslu Bangka Selatan Azhari mengatakan, hasil rapat ini menghasilkan suatu kesepahaman bersama antara Bawaslu, KPU dan Dinas Dukcapil terkait daftar pemilih berkelanjutan (DPB).

” DPB kabarnya hari ini terakhir, setelah itu menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan penduduk atau DP4 ke Komisi Pemilihan umum, selanjutnya akan diturunkan ke jajaran Ad-Hoc untuk pemuktahiran data pemilih. Kami optimis akan mengawal data tersebut supaya menuju data yang lebih valid pada data pemilih nantinya.

Dirinya menjelaskan, data pemilih sekarang ini berkisar diangka 140 ribu lebih didominasi oleh pemilih pemula yang belum merekam Kartu Tanda Peduduk.

Guna mengatasi hal tersebut. Dinas Dukcapil Kabulaten Bangka Selatan akan pergi ke sekolah sekolah untuk melakukan perekaman pada pemilih pemula.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bangka Selatan Benny Supratama mengatakan, akan mendukung pemuktahiran data pemilih berkelanjutan dengan melakukan perekaman KTP di sekolah yang menjadi syarat pemilu pada 2024 mendatang.

” Kami juga sudah melakukan berbagai upaya pada pemilih pemula, salah satunya dengan cara jemput bola ke beberapa sekolah, kemudian mengiringi kegiatan Aik Bakung Bupati Riza yang dilakukan setiap bulan ke desa-desa sekaligus pelayanan kependudukan,” tuturnya ( Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.