Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Akibat Cuaca Buruk, Kapal Nelayan di Toboali Tenggelam

0 309

 

SatuArahNews, Toboali- Kapal KM Camar laut 2 tenggelam di perairan sarang layang Kabupaten Bangka Selatan sekitar pukul 06:00 WIB. Jumat (05/08/2022).

KBO Satuan Polisi Air dan Udara Polres Bangka Selatan, M.Syah mengatakan, bangkai kapal KM Camar dua tersebut ditemukan oleh 2 kapal nelayan sekitar yang sedang melintas di perairan itu.

” Mereka langsung menyelamatkan dua para anak buah kapal sekitar pukul 06:30 WIB. Setelah itu mereka langsung melaporkan kejadian ini ke keluarga korban dan Sat Polair Polres Basel,” katanya.

Dia menyebutkan, kapal tersebut berangkat pukul 03.30 WIB dinihari, hendak menuju arah pulau dapur dan turun jangkar di laut sarang layang.

” Namun pada pukul 06:00 WIB, tiba tiba cuaca buruk dan gelombang tinggi. Dikarenakan papan lambung sebelah kiri terbuka. Maka kapal mengalami kebocoran dan air terus masuk sampai tidak terbendung. Sehingga mengakibat kapal tersebut terbalik dan tenggelam,” lanjutnya.

Akibat insiden naas tersebut, dua anak buah kapal itu sempat hanyut saat berpegang di fiber sedangkan kapten kapal berpegang pada kapal yang sudah dalam kondisi terbalik.

” Saat pukul 08 : 00 WIB, para kapal nelayan lainnya menarik kapal yang terbalik itu, dan kapal berhasil diselamatkan sekira pukil 09:00 WIB, kemudian kapal dibawa kembali menuju Pelabuhan Sukadamai.

Setelah itu pukul 10.00 wib pers sat polair dan TNI AL turun kelaut untuk mengawal proses penarikan kapal. Dan pukul 12.00 wib kapal tiba di pelabuhan Sukadamai, namun belum bisa bersandar karena posisi kapal masih kandas. Waktu pukul 12.10 dilakukan pengecekan titik koordinat kapal oleh pers Sat Polair dan pers TNI AL,” tuturnya. ( Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.