Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Cegah PMK, 286 Sapi di Bangka Selatan Divaksin

0 213

SatuArahNews, Toboali- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, saat ini terus berupaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pada hewan ternak dari penyakit mulut dan kuku.

Diantaranya, dengan melakukan penyuntikan vaksin PMK pada hewan ternak yang berkuku belah dua khususnya pada sapi yang sehat.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Nurudin mengatakan  saat ini sebanyak 286 sapi di daerah itu sudah dilakukan penyuntikan vaksin PMK.

” Kami melakukan penyuntikan vaksin PMK di dua Desa, jumlah Desa Fajar Indah itu ada 226 ekor dan di Desa Sumber Jaya Permai 60 ekor sapi,” katanya.

Sebelumnya, penyuntikan PMK tahap pertama Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan 100 dosis, untuk tahap kedua pihaknya mendapatkan 1000 dosis vaksin PMK dari Kementrian Pertanian.

” Alhamdulillah, untuk tahap kedua ada penambahan dosis vaksin PMK dari Kementrian Pertanian, dan pelaksanaan vaksinasi ini sudah kami mulai sejak beberapa bulan yang lalu,” ujarnya.

Nurudin mengatakan, bagi sapi yang terserang penyakit mulu dan kuku akan dilakukan pengobatan, kemudian disuntikan vitamin dan antibiotik. Sehingga gejala PMK yang terdapat pada sapi itu bisa menghilang.

Guna mencegah penularan penyakit tersebut, pihaknya terus memberikan sosialisasi kepada para peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang agar tetap bersih.

” Selain itu kami juga mengimbau para peternak untuk sementara ini menjaga ternaknya, serta lingkungan masing masing dan tidak melakukan jual beli ternak dulu sampai kasus PMK ini benar benar mereda,” harapnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.