Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Desa Air Gegas Jadi Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional Lada Putih

0 357

SatuArahNews, Toboali- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menyelenggarakan kegiatan FGD pemantauan dan evaluasi perencanaan teknis pembangunan di lokasi Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) Lada Putih di Bangka Selatan Tahun 2022.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengatakan, saat ini Kecamatan Airgegas ditetapkan sebagai KPPN lada putih dari pemerintah pusat. Karena dengan adanya KPPN lada putih ini, diharapkan dapat menumbuhkan kembali kejayaan lada putih dan memberikan kontribusi untuk taraf hidup masyarakat Bangka Selatan. Senin (13/6/2022)

” Untuk permasalahan petani di lapangan, deputi nanti akan menyanpaiakan kepada Menteri dan kami pemerintah Daerah juga menurunkan OPD dari Dinas Pertanian, Dinas Disperindag melakukan pendampingan serta bimbingan. Sehingga permasalahan yang dirasakan petani selama ini dapat terselesaikan,” ujarnya.

Selain itu, guna menumbuhkan kembali animo masyarakat di sektor lada, pihaknya akan berkolaborasi antar pemerintah daerag, stakeholder dan kementerian untuk mendukung masyarakat agar bangkit menanam lada.

“Kalau masalah harga lada, kita tidak boleh menjatuhkan
semangat para petani lainnya. Disinilah kami meminta suport supaya mereka bangkit kembali. Apalagi stok lada kita saat ini banyak, saat ini bagaimana kita melakukan pemasaran. Sehingga stok kita yang banyak ini bisa terbantu dengan adanya pemasaran ini,” ujarnya.

Kendati demikian, dia berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat masyarakat, serta pendapatan dan produksi lada melalui inovasi perawatan atau pemeliharaan seperti teknologi yang cangih pada lada seperti junjung lada dengan menggunakan batang pinang. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.