Lugas dan Berimbang

Capai Herd Immunity, Kota Pangkalpinang Kejar Target Vaksinasi

0 606

 

PANGKALPINANG — Walikota Maulan Aklil atau yang akrab disapa Molen menyebutkan bahwa capaian vaksinasi di Kota Pangkalpinang sudah mencapai 50 persen dari target untuk mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity.

Dikatakan Molen, vaksinasi ini juga merupakan tantangan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terhadap  provinsi, kabupaten dan kota yang ingin melaksanakan Herd Immunity.

“Saat ini kita sudah 82 ribu lebih untuk yang sudah dilakukan vaksin dan ini sudah 50 persen dari target yang harus dicapai pada Herd Immunity,” ungkap Walikota usai melaksanakan Rapat Paripurna di DPRD Kota Pangkalpinang, Sabtu (11/09/21).

Ia menjelaskan, bahwa terkait vaksin ini dengan jumlah penduduk kurang lebih 213 ribu. “Sisanya kita kejar 50 persen maka tercapailah Herd Immunity di Kota Pangkalpinang,” jelasnya.

Saat ini Pemerintah Kota Pangkalpinang, dalam sehari menargetkan empat ribu warga yang divaksin, “Jadi jika satu hari 4 ribu vaksin, berarti 10 hari mencapai 40 ribu vaksin dan sebulan bisa tercapai 80 ribu, maka tercapailah Herd Immunity,” sebutnya.

Di kesempatan ini Walikota berharap serta meminta dukungannya agar Kota Pangkalpinang tercapai target menuju Herd Immunity.

“Kita do’akan bersama serta mengimbau kepada ASN dan PHL agar membawa lima orang yang belum divaksin agar dilakukan vaksin karena ini salah satu upaya dari Pemkot Pangkalpinang,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa pihaknya saat ini sudah menyiapkan tempat-tempat untuk pelaksanaan vaksin baik itu di setiap Puskesmas.

Selain itu orang nomor satu di Pangkalpinang turut mengapresiasi kawan-kawan dari PDI Perjuangan yang turut menggelar vaksinasi Covid-19 gratis dengan menyiapkan 4.500 dosis untuk warga di Pangkalpinang.

“Siapapun bisa ikut vaksinasi dengan menunjukkan KTP. Yang pasti saat ini Pemerintah Pusat suport penuh pelaksanaan vaksinasi di Pangkalpinang,” pungkasnya.

Menuju Herd Immunity, Wali Kota Pangkalpinang mengajak masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Mari jaga kesehatan tubuh dan pikiran kita. Tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 yakni 5 M, agar Kota Pangkalpinang terbebas dari penyebaran Covid-19 ini,”ajaknya.

 

Vaksin Merdeka Untuk Pelajar

Gelaran Vaksinasi Merdeka yang diselenggarakan oleh Polri di halaman Masjid Raya Tuatunu, Kota Pangkalpinang, Selasa (7/9/2021) lalu, dipadati ratusan peserta yang terdiri dari kalangan pelajar SMP dan SMA disertai masyarakat umum.

Para pelajar se Kota Pangkalpinang itu dijemput dan diantar kembali menggunakan bus dan truck operasional Polres Pangkalpinang dangan tujuan keselamatan siswa dan mengurangi menumpuknya kendaraan di area Masjid Raya Tuatunu.

Demi menampung tingginya antusias pelajar dan masyarakat untuk divaksin, penyelengara yang tergabung dari Dinkes, Polres, dan BPBD Kota Pangkalpinang membuka tiga gerai vaksin dalam gelaran kali ini.

Vaksin Masal ini juga telah digelar selama dua hari, dengan target 1.500 dosis/hari. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus M Hakim mengatakan target sasaran untuk Pangkalpinang sebanyak 169.000 dosis.

“Kita sampai kemarin jumlah untuk vaksin dosis perta sudah mmencapai sekitar 80.000 dosis, sedangkan dosis kedua mencapai 45.000 dosis. Barti dengan target capaian Kota Pangkalpinang sebanyak 169.000 dosis, berarti persentase nya sudah mencapai sekitar 47 persen,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus M. Hakim.

Dirinya juga menargetkan 300 vaksin perhari untuk vaksinasi di setiap sekolah dan setiap gerai vaksin di Pangkalpinang.

Penulis : Gusti

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.