Lugas dan Berimbang

Sekda Radmida Sebut Renstra Harus Konsisten Sesuai RPJMD

0 436

PANGKALPINANG — Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam
menghadari rapat koordinasi dan persiapan verifikasi dokumen rancangan akhir perubahan renstra perangkat daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2018-2023 di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang Kota Pangkalpinang, Jumat (18/6/2021).

Radmida mengatakan penyempurnaan renstra perangkat daerah hingga verifikasi dilakukan untuk memperoleh kesesuaian, keselarasan dan konsistensi dengan dokumen perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Renstra harus konsisten, selaras dan sesuai dengan RPJMD. Sebelum semua disahkan, baiknya kita diskusikan yang akan jadi halangan,” ungkap Radmida.

Pelaksanaan perencanaan seluruh program Pemerintah Kota Pangkalpinang diawali dari renstra. Oleh karenanya, kata Radmida sebelum disahkan harus dilakukan penyempurnaan.

Renstra harus tepat guna, tepat manfaat, serta tepat sasaran sehingga dalam pelaksanaannya juga akan tepat.

“Ini kegiatan yang penting yang akan mengarahkan kita kemana Kota Pangkalpinang harus dibawa,” ujarnya.

Dia menegaskan agar seluruh OPD serius melakukan penyempurnaan dan penyesuaian kembali perumusan renstra perangkat daerah dari awal hingga akhir.

Juga menekankan kepada seluruh
OPD untuk terus mengikuti rapat koordinasi yang dilakukan hingga Rabu pekan depan.

“Jadi kepada seluruh perangkat daerah kita harapkan benar-benar melaksanakan ini sesuai dengan aturan dan kondisi kita agar hasilnya akan tepat juga, terlebih saat ini kita masih dalam kondisi pandemi.” pungkasnya.

Asisten Perencanaan dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro menambahkan jika RPJMD tidak disesuaikan maka capaian selama lima tahun hingga 2024 tidak akan tercapai.

Karena kita inginkan percepatan, maka setelah RPJMD disahkan seluruh perangkat daerah dapat menyampaikan renstra rancangan akhir perangkat daerah ke Bappeda,” jelas Suryo.

Nantinya, rancangan tersebut akan diverifikasi oleh Bappeda. Dia menyebut, jika tidak ada kesesuaian, rancangan akan dikembalikan kepada OPD terkait untuk dilakukan penyempurnaan
dan akan akan disampaikan kembali selama dua minggu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.