Lugas dan Berimbang

Pemkot Pangkalpinang Siapkan Rancangan Penataan Pasar

0 241

PANGKALPINANG—— Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, saat ini mulai melakukan penataan pasar yang ada di Kota Pangkalpinang, agar masyarakat merasa nyaman saat berbelanja.

Wali Kota Pangklalpinang, Maulan Aklil menyebutkan, Untuk penataan pasar Pihaknya akan melakukan secara bertahap dan berproses mengingat perlu adanya anggaran untuk menata pasar tersebut.

“Tidak mungkin kita menata pasar itu dengan menggusur atau menertibkan para pedagang, sementara mereka mau berdagang dimana. Tapi pelan-pelan minimal kita tata dan rapikan agar pembeli dan pedagang nyaman untuk sementara ini,” kata Molen sapaan akrabnya. Kamis, (3/12/2020).

Molen menyebutkan, Pihaknya sudah merancang desain Pasar Pagi dan Pasar Induk, tinggal mencari sumber pendanaan.

“ Kita sudah ada rancangannya, tinggal nanti apakah melalui bantuan APBN dana pusat atau APBD kita,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menegah dan Perdagangan, Donald Tampubolon menyebutkan, Pihaknya sudah melaksanakan sosialisasi kepada para pedagang.

“Sesuai arahan pak wali kota, kita tidak menggusur tapi menertibkan. Kita juga sudah siapkan lokasi di Pasar Nanas yang lama untuk mereka pindah, agar tidak ada trotoar jangan ampai mengganggu badan jalan di kawasan Pasar Induk ini,” kata Donald.

Donald menyebutkan, dalam menata pasar, Pihaknya bersama dinas terkait segera me melakukan rapat untuk hal itu.

“Untuk para pedagang yang berjualan di trotoar Pasar Induk, sudah kita arahkan pindah ke  Pasar Nanas itu, sudah ada sebagian yang pindah, belum semuanya karena belum ada penertiban. Jadi sesuai arahan bukan menggusur, namun ditata apalagi dengan kondisi ekonomi saat ini,” kata Donald.

Leave A Reply

Your email address will not be published.