Lugas dan Berimbang

Nelayan Teluk Pikat Geruduk Tambang Ilegal di Kawasan Pantai Matras

0 792

Satuarahnews.com, Sungailiat – Ratusan nelayan Teluk Pikat Lingkungan Matras, Kelurahan Matras, Sungailiat, menggeruduk Tambang Invenkonsional (TI) yang terletak di Kawasan Pantai Matras, Senin, (1/4) 2019, dengan menggunakan perahu/kolek.

Nelayan Teluk Pikat merasa geram dengan aktivitas tambang yang tersebut karena masih membandel walaupun sudah diperingati beberapa kali.

Ilham, salah satu nelayan Teluk Pikat mengatakan bahwa, sebelumnya mereka sudah mendatangi lokasi tersebut dan memperingati kepada para penambang agar tambang itu segera dihentikan karena sudah sangat dekat dengan bibir Pantai Matras

“Kami sudah mendatangi penambang, pada hari Sabtu, (23/03) 2018, dengan jangka waktu selama 1 minggu untuk segera mengangkat semua peralatan TI, namun sepertinya para penambang tidak mengubris sama sekali, dan masih bekerja di lokasi itu,” tuturnya.

Hal tersebut membuat nelayan semakin geram dengan aktivitas tambang yang semakin merajalela.

“Kita sudah resah dan sangat geram dengan tambang ini karena sudah tidak wajar, sangat dekat dengan bibir pantai dan takutnya jebol ke pantai,” ujar Ilham.

Sementara itu, Iwan yang juga nelayan Teluk Pikat saat diwawancara mengatakan jika sampai jebol maka sangat menggangu aktifitas para nelayan.


“Lihat dipantai itu ada terumbu karang yang besar, kalo sampai imbas dari tambang mengalir ke pantai maka berbahaya bagi terumbu karang dan juga nelayan,” ungkapnya.

Nelayan berharap agar TI tersebut segera ditutup dan tidak ada lagi kegiatan penambangan di lokasi itu. (M1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.