Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Peringati Hari Jadi Ke-316 Kota Toboali, Ini Pesan Pjs Bupati Elfin Elyas

0 21

TOBOALI- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung menggelar upacara peringatan Hari Jadi ke-316 Kota Toboali, diikuti seluruh tenaga PHL dan ASN yang ada di lingkungan Pemkab Basel.

Upacara peringatan hari jadi ke-316 Kota Toboali yang berlangsung di halaman depan kantor Pemkab Basel itu dikomandoi langsung Pjs Bupati Basel Elfin Elyas, Jumat (20/10/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Elfin Elyas mengajak masyarakat Kabupaten Bangka Selatan terutama di wilayah Toboali untuk berbangga dan mensyukuri dengan penetapan hari jadi Kota Toboali.

” Dengan ditetapkannya kota Toboali, daerah Toboali menjadi kota tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan menjadi panutan bagi daerah lainnya terutama dalam mengembangkan potensi yang dimiliki,” kata Elfin Elyas.

Elfin Elyas menyampaikan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Kabupaten Bangka Selatan terus menunjukkan tren positif terutama dari sisi pembangunan.

Capaian-capaian kinerja pembangunan di Bangka Selatan telah berhasil diwujudkan.
Keberhasilan itu dapat dilihat dari menurunnya angka kemiskinan sebesar 3,11 persen yang terjadi di wilayah Bangka Selatan.

” Angka ini merupakan angka terendah kedua dibawah angka rata-rata provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan juga dibawah angka rata-rata nasional,” tambahnya.

Tak hanya pencapaian tersebut, Pemkab Basel juga berhasil meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi secara signifikan selama dua tahun terakhir.

” Dimana kondisi ketika itu tingkat inflasi mengalami kenaikan setelah sebelumnya mengalami penurunan. Bangka Selatan kembali menunjukkan keberhasilan
dari angka sebelumnya laju pertumbuhan ekonomi hanya 3,07 persen di tahun 2022 dan sekarang mengalami peningkatan di tahun 2023 sebesar 3,69 persen,” ucapnya.

Pihaknya terus berupaya menggenjot capaian laju pertumbuhan ekonomi di Bangka Selatan. Harapannya target di angka 3,8 di tahun 2024 ini dan target 4,25 pada tahun 2025 mendatang bisa tercapai.

Elfin Elyas juga menyebutkan nilai indeks pembangunan manusia (IPM) secara terus menerus mengalami kenaikan. Pada tahun 2023 lalu Basel berhasil menaikan angka IPM di angka 69,67 persen.

” Kami optimis dengan kinerja yang telah dilakukan selama tahun 2024 ini, Bangka Selatan berhasil melompat di atas angka 70, dengan ini Basel akan masuk pada kategori tinggi sejajar dengan Kabupaten kota yang ada di Bangka Belitung,” tutur Elfin Elyas. (Dika).

Leave A Reply

Your email address will not be published.