Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Bawaslu Basel Gandeng Insan Pers Awasi Proses Pilkada 2024

0 39

TOBOALI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif dalam mewujudkan Pilkada transparan dan sehat di wilayah itu, selasa (22/10/2024).

” Peran media sangat dalam mengawasi proses pemilihan terutama dalam pengawasan krusial untuk melindungi hak politik setiap warga dan memastikan Pilkada yang sehat serta transparan,” kata Fauzan Azima, Direktur Eksekutif Babel Kreatif.

Selain itu Ia menuturkan media juga berperan untuk mengajak masyarakat agar terlibat aktif dalam pengawasan pemilu, sekaligus corong informasi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan mendukung pengawasan yang efektif.

” Bawaslu harus memiliki jalur dan mekanisme pelaporan temuan pelanggaran, agar masyarakat dapat melaporkannya dengan mudah,” tambahnya.

Ia juga menyarankan agar Bawaslu menyediakan anggaran khusus untuk publikasi media, guna memperkuat peran media dalam menyebarluaskan informasi tentang pengawasan pemilu dan memudahkan masyarakat mengakses data penting.

“Disebutkan dalam tema ini media sebagai garda terdepan, mestinya diperlukan dorongan bagi teman-teman media untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih yaitu melalui anggaran,” ungkapnya.

Acara ini pun menjadi ruang bagi rekan-rekan media untuk menyampaikan aspirasi maupun saran bagi Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu dalam dialog yang hangat.

Diharapkan, sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengawasan dalam Pilkada dan mendorong partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Bawaslu berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua pihak demi terciptanya pemilihan yang adil, transparan, dan partisipatif. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.