Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Pemkab Bangka Selatan Komitmen Lestarikan Kawasan Cagar Budaya

0 100

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung mengandeng pihak TNI Polri dan masyarakat untuk gotong royong membersihkan kawasan Benteng Toboali yang bersejarah di daerah tersebut.

” Ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga cagar budaya benteng Toboali supaya terlihat bersih dan menjadi tempat favorit wisatawan yang berkunjung ke Toboali,” Kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Basel Firmansyah, Jumat (5/7/2024).

Firman turut memberikan apresiasi Kodim 0432 Basel telah menginisiasi kegiatan bersih-bersih ini. Kegiatan tersebut sudah selayaknya menjadi agenda rutin kedepannya.

Dengan begitu kegiatan ini bisa menjadi contoh baik untuk masyarakat supaya bersama-sama menjaga keasrian dan kebersihan kawasan cagar budaya benteng Toboali.
” Saya sangat mendukung kegiatan ini, karena Benteng Toboali Ini adalah salah satu bangunan cagar budaya dan menjadi kawasan pariwisata yang ada di kota Toboali khususnya di Kabupaten Bangka Selatan,” katanya.

Firman menilai aksi bersih-bersih di bangunan benteng Toboali memiliki dampak yang begitu besar terhadap daerah terutama dalam menarik jumlah kunjungan wisatawan ke Bangka Selatan.

” Pemerintah daerah tengah fokus meningkatkan pendapatan asli daerah di sektor pariwisata. Karena itu kita merawat dan menjaga bangunan bersejarah ini supaya tetap eksis dan menjadi tempat prioritas utama wisatawan saat berkunjung ke Toboali,” ujarnya.

Selain itu, kata Firman pemerintah daerah saat ini lagi proses pengembangan kawasan Benteng Toboali sebagai kawasan destinasi. Namun pengembangan destinasi wisata tidak bisa dikerjakan secara cepat, perlu pertimbangan yang sangat matang.

” Yang pasti kendala saat pembangunan itu pasti ada, walaupun itu tidak begitu besar. Saya mohon doa dari masyarakat Bangka Selatan agar pembangunan destinasi berjalan sesuai harapan sehingga kita bisa merasakan langsung dari pembangunan tersebut,” tuturnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.