Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Kodim 0432 Basel Gelar Aksi Bersih Lingkungan Pantai Kelisut Toboali

0 86

 

TOBOALI- Kodim 0432 bersama unsur Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan menggelar aksi bersih-bersih di sekitar pantai Kelisut Toboali guna mendukung kebersihan pesisir serta menciptakan lingkungan pantai yang bersih dan indah, Jumat (27/9/2024).

” Kegiatan gotong royong di objek destinasi wisata Toboali dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Tahun TNI, dengan melibatkan masyarakat setempat, pelajar, kepolisian, TNI AL, Dinas DLH dan perangkat lainnya,” kata Dandim 0432 Basel Letkol Arh Sebmy Setiawan.

Sebmy Setiawan mengatakan, aksi bersih-bersih dilokasi Pantai Kelisut Toboali tersebut, dimulai pada pukul 7.30 hingga 10.00 pagi.

Kemudian petugas gabungan bersama masyarakat setempat menyusuri pesisir untuk mengambil sisa sampah seperti sampah botol-botol bekas minuman, plastik pembungkus makanan hingga styrofoam.

Letkol Arh Sebmy Setiawan menyebutkan kegiatan ini salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih menjaga kebersihan lingkungan pantai sekaligus menanam semangat gotong royong.

” Kami ingin kegiatan ini menjadi contoh yang baik supaya dapat ditiru oleh masyarakat setempat, jika objek wisata kita bersih secara tidak langsung wisatawan dari luar daerah akan ramai berkunjung ke daerah Bangka Selatan,” tambahnya.

Kendati begitu, Dandim 0432 Basel Letkol Arh Sebmy Setiawan berharap dengan ramainya jumlah pengunjung datang ke objek wisata Toboali, bisa memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha terutama dapat meningkatkan pendapatan mereka yang berjualan di sekitar Pantai Kelisut.

Sementara itu, PJ Sekda Bangka Selatan Hefi Nuranda memberikan apresiasi kepada Kodim 0432 Basel yang telah menginisiasi kegiatan bersih-bersih di lingkungan pantai Kelisut Toboali.

” Saya mengucapkan terima kasih, semoga kegiatan gotong royong ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga tumbuh kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan pantai,” katanya.

Kata Hefi kegiatan gotong royong ini tidak hanya fokus diseputaran pantai saja, organisasi perangkat daerah yang ada di Pemkab Basel turut melakukan aksi bersih-bersih di seputaran kantor mereka dan di beberapa tempat yang sudah disebarkan.

” Semoga aksi bersih-bersih ini bisa mengubah pola pikir seluruh masyarakat semakin sadar sampah dan memberi ruang bersih bagi kehidupan, sekaligus menularkan kepada semua orang akan kesadaran terhadap lingkungan bersih dan jauh dari sampah,” tuturnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.