Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

DLH Basel Bersihkan TPS Liar di Kampung Tikung Maut Toboali

0 422

 

TOBOALI- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan pembersihan tempat pembuangan sampah (TPS) liar di jalan Jenderal Sudirman tepatnya berada di Kampung Tikung Maut Kecamatan Toboali.

DLH Bangka Selatan menerjunkan sebanyak 17 personel dan 2 unit pick up mobil satgas sampah untuk membersihkan tumpukan sampah di Kampung Tikung.

” Kita menerjunkan 11 personel satgas sampah dan dibantu 6 orang warga sekitar. Kegiatan ini dimulai dari pukul 08.00 hingga selesai pukul 11.00 WIB,” kata Kabid
Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Gitto Aryasd. minggu (18/8/2024).

Dari kegiatan bersih-bersih tersebut, lanjut Gitto, DLH Basel berhasil mengumpulkan kurang lebih 1 ton sampah rumah tangga di TPS liar tersebut.

Disamping itu, Gitto sangat menyayangkan masih kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan masih membuang sampah di lahan terbuka sehingga menjadikan tempat ini sebagai TPS liar yang harus di bersihkan.

” Kita secara masif membersihkan TPS liar yang menumpuk dijalan, dikarenakan tumpukan sampah selain mengganggu pemandangan juga dapat mengganggu kenyamanan para pengendara yang melintas karena mengeluarkan aroma yang tidak sedap,” lanjutnya.

Oleh sebab itu Ia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan tong sampah atau tempat penampungan sampah yang telah disediakan oleh DLH Bangka Selatan. Dengan harapan tidak ada lagi penyebaran TPS liar.

Gitto juga menghimbau agar warga kedepannya tidak lagi membuang sampah ditempat yang tidak diperbolehkan, seperti TPS liar tersebut.

” Kami ingin menyelesaikan hal ini supaya masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarang. Masyarakat bisa memasukan sampah langsung ke kontainer atau tong sampah yang sudah disiapkan,” harapnya. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.