Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Pemkab Minta Warga Bangka Selatan Waspada Bencana Alam

0 89

TOBOALI- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Kepulauan Bangka Belitung meminta masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, menyusul hujan dengan intensitas cukup lebat melanda wilayah Toboali Kabupaten Bangka Selatan.

” Saya himbau masyarakat agar siap siaga di musim penghujan. Dikhawatirkan suatu saat ada bencana alam banjir, angin kencang pepohonan tumbang yang datang melanda daerah itu,” kata Kepala Dinas Kominfo Basel Yuri Siswanto, Senin.

Yuri menjelaskan tindakan kecil yang dilakukan dari rumah maupun di lingkungan sekitar, salah satu langkah untuk penanganan dini terhadap bencana alam.

Misalnya dengan rutin menjaga kebersihan lingkungan, dan kelancaran saluran air, serta tidak membuang sampah sembarangan di selokan dan merapikan pepohonan tua yang rentan tumbang atau menimpa rumah.

” Hujan lebat selain menimbulkan bencana alam disisi lain juga bisa menjadi tempat perkembangbiakan sarang nyamuk demam berdarah dangue (DBD),” sebut Yuri.

Hal ini yang perlu diantisipasi, dengan cara melakukan gerakan 3 M plus, menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk.

” Selain 3 M Plus, menanam tanaman yang menangkal nyamuk, memeriksa tempat penampungan air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah merupakan cara yang cukup efektif dalam mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti,” sebutnya.

Pemerintah daerah saat ini juga tengah melakukan penyiagaan untuk tanggap darurat bencana alam dengan mengerahkan sejumlah anggota yang terdiri dari tim damkar, BPBD dan Satpol Pp.

” Harapannya jika terjadi bencana alam, masyarakat bisa langsung mendapatkan perawatan dan pertolongan pertama dari petugas-petugas yang ada dilapangan,” harapnya. (DIKA)

Leave A Reply

Your email address will not be published.