Lugas dan Berimbang

- Advertisement -

Babinsa Toboali Cek Saluran Irigasi, Pastikan Kelancaran Aktivitas Petani

0 71

TOBOALI-Babinsa Koramil 432-01/Toboali, melakukan pengecekkan saluran irigasi di Desa Pergam, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan pada Kamis (02/04/2024).

Pengecekkan ini dalam rangka memastikan ketersediaan air di saluran irigasi berjalan lancar mengairi persawahan petani dan tidak menghambat aktivitas para petani yang hendak melakukan musim tanam.

” Saluran irigasi sangat penting sebagai sumber ketersediaan untuk pertumbuhan padi. Persediaan air yang cukup juga dapat melancarkan aktivitas petani guna meningkatkan produksi padi,” kata Baninsa Toboali Serda Susanto.

Kegiatan pendampingan pertanian dan pengecekkan rutin di desa binaan, kata Susanto merupakan upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai swasembada.

” Kami secara rutin akan mengecek saluran irigasi agar petani tidak kekurangan air, yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi serta mencapai target swasembada pangan,” katanya.

Ia juga mengajak petani untuk turut serta membersihkan saluran irigasi yang banyak ditumbuhi rumput dan sampah, agar tidak mampet dan mengganggu aliran air ke sawah petani.

Kapten Arm Roni Mayundira, Wandaramil 432-01/Toboali, menegaskan bahwa kehadiran Babinsa dalam setiap kegiatan masyarakat merupakan bagian dari tugasnya untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Dengan rutin melaksanakan patroli wilayah dan aktif dalam kegiatan masyarakat, keberadaan Babinsa diharapkan dapat dikenal, diterima baik, dan memberikan dampak positif bagi warga masyarakat,” tambah Kapten Arm Roni Mayundira. (Dika)

Leave A Reply

Your email address will not be published.